Giant Panda Cai Tao Raih Penghargaan Internasional
By editor
IND  |  Sat - January 12, 2019 7:51 am  |  Article Hits:5209  |  A+ | a-
CAITAO
CAITAO
Beberapa waktu lalu, Taman Safari Bogor meraih penghargaan bergengsi dari Giant Panda Global, sebuah organisasi yang berpusat di Belgia. Organisasi ini dibentuk untuk mempromosikan konservasi giant panda, baik di Tiongkok maupun di luar Tiongkok. 

Penghargaan tersebut diberikan kepada kebun binatang yang telah memberi kontribusi bagi konservasi giant panda. Giant Panda Global Awards diselenggarakan rutin tiap tahun. Nah, untuk tahun 2018, sebuah kebanggaan bagi Taman Safari Bogor dan Taman Safari Indonesia sebagai grup, yang berhasil menerima penghargaannya. 

Setahun setelah kedatangan Panda ke Indonesia, Cai Tao memperoleh medali Perak (Silver Award) sebagai Panda Terfavorit di luar Tiongkok. Ini menjadi gambaran reaksi yang sangat positif dari masyarakat Indonesia dan dunia akan kedatangan Panda ke Indonesia.

Selain itu, Direktur Taman Safari Indonesia, Drs. Jansen Manansang dinobatkan sebagai Human Panda Personality setelah Mr. Zhang Hemin, Direktur China Conservation and Reseach Center for Giant Pandas dan Mr. Zhang Zhihe Direktur Chendgu Panda Base Sichuan, China.

Giant Panda Global memandang peran dan dukungan Pemerintah Indonesia dan Kedutaan Besar Republik Rakyat Tiongkok di Indonesia dalam mendukung konservasi satwa langka dari lingkupan internasional dan meningkatkan kembali hubungan kerjasama Indonesia-Tiongkok, sangat tidak ternilai. 

Apresiasi “Global Conservationist Award” ini juga dipersembahkan kepada Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc dan Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok di Indonesia Mr. Xiao Qian atas dukungannya, sehingga masyarakat Indonesia dapat lebih dekat dengan giant panda.

Perhelatan ini diadakan pada Sabtu, 28 Juli 2018 pukul 10.00 WIB bersamaan dengan “World Nature Conservation Day”. Perayaan tersebut untuk mengingat bahwa lingkungan yang sehat adalah pondasi bagi masyarakat yang stabil dan produktif, serta untuk memastikan kesejahteraan generasi sekarang dan mendatang. Taman Safari Indonesia mengajak masyarakat berpartisipasi untuk melindungi, memelihara, dan mengelola secara berkelanjutan sumber daya alam kita.

Taman Safari Indonesia sangat bersyukur dengan diterimanya 2 penghargaan sekaligus, dan akan terus mempertahankan prestasi yang telah dicapai selama ini. Penghargaan ini pula menjadi bukti keseriusan Taman Safari Indonesia dalam konservasi satwa endemik Indonesia maupun dunia. 
Top