Jalur Puncak Dialihkan di Malam Tahun Baru 2024, Pengunjung Taman Safari Bogor Disarankan Berangkat Lebih Awal!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Thu - December 21, 2023 11:35 am  |  Article Hits:2394  |  A+ | a-
Luminous Safari Journey di Taman Safari Bogor. (*)
Luminous Safari Journey di Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Taman Safari Bogor bersiap menyambut lonjakan jumlah pengunjung di musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Khusus untuk menyambut Malam Tahun Baru 2024 yang jatuh pada 31 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024, Taman Safari Bogor telah menyiapkan sejumlah persiapan khusus.

“Di malam puncak Tahun Baru 2024 yang jatuh pada 31 Desember 2024, kami menggelar event khusus yakni Luminous Safari Journey dengan tema parade hutan menyala. Persiapan sudah 100 persen. Kami mengimbau kepada pengunjung untuk terus mengupdate info lalu lintas di Jalur Puncak dari akun resmi Korlantas Mabes Polri,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Lies Yuwati, Kamis (21/12/2023).

Lies menegaskan, skema pengaturan jalur masuk area Taman Safari Bogor sudah siap menyambut lonjakan pengunjung di libur Nataru 2024. Saat ini, kata dia, seluruh petugas khususnya tim operasional jalur telah melakukan pemetaan titik-titik yang berpotensi menjadi area crowded.

“Kami menyarankan bagi yang ingin bermalam tahun baruan di Taman Safari Bogor untuk tiba di Puncak H-2 atau H-1. Disarankan untuk bermalam,” ungkap Lies.


Taman Safari Bogor menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat berlibur pada malam Tahun Baru 2024. Untuk tahun ini, polisi telah menyiapkan rencana rekayasa di kawasan tersebut dengan malam tanpa kendaraan.

"Terkait kesiapan pengamanan malam pergantian tahun itu memang disepakati pada saat rakor lintas sektoral tingkat Kabupaten Bogor baik itu dengan SKPD, Polri, TNI dan dinas terkait bahwa tanggal 31 Desember sampai 1 Januari 2024 itu akan diterapkan malam tanpa kendaraan atau lebih trennya car free night," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto, Rabu (20/12/2023).

Ardian menjelaskan, teknis malam tanpa kendaraan itu dimulai sekira pukul 18.00 WIB pada 31 Desember 2023, dengan pengalihan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak dari Tol Ciawi.

"Kendaraan dari Jakarta yang akan wisata Puncak kita alihkan ke Ciawi atau Bocimi. Kemudian kami biarkan dulu untuk kendaraan kendaraan berada di sepanjang Jalur Puncak dari Gadog sampai perbatasan (Cianjur) masih bisa beroperasi mengingat masih aktivitas masyarakat," ucapnya.

Lalu pukul 21.00 WIB, petugas mulai melakukan penyekatan kendaraan baik motor maupun mobil yang akan menuju Puncak. Terdapat 4 titik penyekatan, yaitu Simpang Gadog, Pasir Angin, Simpang Taman Safari, dan Rest Area Gunung Mas.

Malam tanpa kendaraan itu sedianya dilakukan hingga pukul 02.00 WIB pada 1 Januari 2024. Selanjutnya, penyekatan dibuka petugas dan akan dilakukan prioritas arus tergantung kondisi lalu lintas. (Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top