International Red Panda Day 2023, Taman Safari Bogor Galang Kampanye Pelestarian Panda Merah!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Sat - September 16, 2023 4:21 pm  |  Article Hits:3604  |  A+ | a-
Peringatan International Red Panda Day 2023 di Istana Panda Taman Safari Bogor. (*)
Peringatan International Red Panda Day 2023 di Istana Panda Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Peringatan International Red Panda Day 2023 yang jatuh pada 16 September 2023 berlangsung meriah di Taman Safari Bogor. Peringatan tahunan Hari Panda Merah atau Red Panda (Ailurus fulgens) ini dilangsungkan di Istana Panda Taman Safari Bogor selama dua hari yakni Sabtu (16/9/2023) dan Minggu (17/9/2023).

“Peringatan International Red Panda Day ini kami gelar untuk menyebarkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan spesies panda unik asli Asia Tengah ini,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan, Sabtu (16/9/2023).

Emeraldo mengatakan, menyambut peringatan Hari Panda Merah Sedunia 2023, Taman Safari Bogor mengadakan sejumlah event menarik seperti bagi-bagi doorprize, roti panda, face painting hingga keeper talk.


“Bagi pengunjung Taman Safari Bogor yang ingin menikmati peringatan Hari Panda Merah Sedunia 2023 ini, kami sarankan berangkat lebih pagi untuk mengantisipasi kemacetan di Jalur Puncak,” kata Emeraldo.

Emeraldo juga berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan Dunia akan pentingnya menjaga kelestarian satwa Panda Merah.

Taman Safari Bogor sebagai salah satu lembaga konservasi satwa terbesar di Benua Asia tentu memiliki tanggungjawab moral untuk mengajak pengunjung agar lebih mencintai satwa Panda Merah ini. Satwa ini unik dan tingkahnya jenaka jadi sangat perlu dijaga populasinya,” ungkapnya.

Hari Panda Merah Sedunia diluncurkan oleh Jaringan Panda Merah pada 16 September 2010. Sejak itu, kebutuhan untuk terus memperingati hari tersebut semakin meningkat karena pemanasan global dan perubahan iklim.


Panda Merah (Ailurus fulgens) adalah makhluk menggemaskan yang tinggal di wilayah Himalaya Timur di dunia. Ini termasuk tempat-tempat seperti Cina, Nepal, dan Bhutan. Aktivitas manusia kerap mengancam kelangsungan spesies ini termasuk perburuan liar, perusakan habitat, dan perdagangan manusia. Bahkan, bulu panda merah juga diperdagangkan untuk dijadikan topi dan pakaian. Karena faktor-faktor ini, Panda Merah dilindungi secara hukum di India, Bhutan, Tiongkok, Nepal, dan Myanmar.

Pegunungan Himalaya, tempat tinggal sebagian besar Panda Merah juga memberikan situasi hukum dan ketertiban yang lemah untuk melindungi spesies tersebut, sehingga hewan tersebut sering diburu. Inilah sebabnya daftar merah IUCN mengklasifikasikan panda merah sebagai 'terancam punah'. Yuk, kita jaga dan lindungi populasi mereka. Salam lestari!. (Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top