Meriah! Hari Ulang Tahun ke-13 Giant Panda Cai Tao di Taman Safari Bogor Bagi-bagi Doorprize untuk Pengunjung
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Sat - August 5, 2023 3:26 pm  |  Article Hits:3644  |  A+ | a-
Perayaan ulang tahun giant panda Cai Tao di Istana Panda TSI Bogor. (*)
Perayaan ulang tahun giant panda Cai Tao di Istana Panda TSI Bogor. (*)
BOGOR- Perayaan ulang tahun ke-13 salah satu giant panda di Taman Safari Bogor, Cai Tao, berlangsung meriah dan disambut antusias oleh ribuan pengunjung. Acara perayaan dipusatkan di pelataran utama Istana Panda Taman Safari Bogor, Cisarua, Kabupaten Bogor, selama dua hari dan dibuka Sabtu (5/8/2023). Sambutan antusias terlihat dari jumlah kunjungan wisatawan ke TSI Bogor membeludak sejak pagi.

Manager Marcomm Taman Safari Bogor, Danang Wibowo memaparkan, kunjungan pada Sabtu ini meningkat drastis. Di ulang tahun Panda ini, ada belasan ribu wisatawan yang berwisata di TSI Bogor.

“Estimasi belasan ribu pengunjung. Meningkat 100 persen,” katanya di sela perayaan ulang tahun panda ke 13, Sabtu (5/8/2023).

Danang mengatakan, lonjakan pengunjung TSI ini juga didominasi oleh rombongan dari perusahaan. Kata dia lebih dari separuh pengunjung merupakan rombongan dari perusahaan.

“Dari rombongan ini sampai 9000 orang,” paparnya.


Selain mengenalkan fakta-fakta unik seputar panda, Tim Marcomm dan Life Science (LS) Taman Safari Bogor juga membagikan doorprize untuk pengunjung. Hadiah yang dibagikan mulai dari aneka roti, cemilan khas Panda hingga hidangan ekslusif lain. Tak hanya itu, untuk memeriahkan suasana, panitia juga menggelar face painting bagi para pengunjung Istana Panda. 


Fakta Giant Panda di Taman Safari Bogor
 
Sudah enam tahun Istana Panda berdiri di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor. Sejak kedatangan satwa panda bernama Hu Chun (betina) dan Cai Tao (jantan) dari China pada 28 September 2017 lalu, Istana Panda menjadi primadona tujuan pengunjung Taman Safari Bogor. Keduanya hadir untuk menjawab rasa penasaran warga Indonesia terhadap wujud asli panda raksasa ini.

Cai Tao adalah panda jantan yang lahir tanggal 4 Agustus 2010. Nama Cai Tao sendiri berarti pemuda yang tampan, karismatik, dan bangsawan. Sementara itu, Hu Chun adalah panda betina yang lahir pada 8 September 2010. Nama Hu Chun berarti danau di musim semi atau si cantik dari alam. Cai Tao dan Hu Chun lahir di China Conservation and Research Center for Giant Panda di Bifengxia, Yaan, Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Proses kedatangan Cai Tao dan Hu Chun telah dilakukan sejak lama, ditandai dengan pembangunan Istana Panda yang sekarang menjadi rumah mereka di Taman Safari Bogor. Cai Tao dan Hu Chun telah menempuh jarak lebih dari 4.400 kilometer, lepas landas dari Bandara Internasional Shuangliu di Chengdu, Tiongkok dengan menempuh perjalanan lima setengah jam hingga tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tahun ini, musim kawin giant panda di Taman Safari Bogor diperkirakan jatuh pada akhir Agustus 2023. Saat ini dua panda penghuni TSI itu dalam observasi.

“Harapannya di ulang tahun ke 13 ini, bisa berkembang biak dan melahirkan anak panda,” kata Keeper Panda Taman Safari Bogor, Caci, Sabtu (5/8/2203).

Caci mengatakan, masa kawin untuk panda hanya satu tahun sekali. Itupun waktunya singkat.

“Satu tahun sekali, masa suburnya satu minggu,” tandasnya. (Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top