Safari Ngopi Bareng Media, Taman Safari Bogor Kenalkan Fakta Unik Giant Panda kepada Wartawan!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Sat - August 5, 2023 11:31 am  |  Article Hits:3313  |  A+ | a-
Giant panda di Istana Panda Taman Safari Bogor. (*)
Giant panda di Istana Panda Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Taman Safari menjadi satu tempat yang dipercaya merawat sepasang panda dari China. Panda ini tak diberikan cuma-cuma, melainkan dengan harga sewa tidak murah. Panda raksasa atau giant panda merupakan satwa langka dan endemik China. Hewan itu sekaligus ikon dari negeri tirai bambu.

Sepasang panda yakni Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina) yang tinggal di Taman Safari Bogor ternyata tidak dihadirkan dengan gratis dari China. Kedua panda itu didatangkan dengan sistem sewa.

"Pemerintah China mengeluarkan satwa langkanya bukan diberikan gratis, tapi dengan sewa, jadi negara dan TSI itu nyewa, miliaran sewanya. Tapi kita dapat lebih murah dari negara lain," ujar Board Member Taman Safari Indonesia, Agus Susanto, saat membuka sambutan di acara ‘Safari Ngopi Bareng Media’ di Istana Panda Taman Safari Bogor, Kamis (3/8/2023).

Agus menjelaskan bahwa kebijakan penangkaran ini tak hanya ditujukan untuk sekedar diplomasi, melainkan juga disewakan dan dipantau.

"Duta besarnya sudah 3-4 kali datang ke sini," kata dia.

"Salah satu kebijakan China yang bagus itu binatang langkanya kalau keluar tidak diberikan, walaupun untuk diplomasi, tapi disewakan dan diikuti terus. Dokternya beberapa bulan sekali datang ke sini," dia menjelaskan.

Sepasang panda tersebut memiliki masa kontrak hingga 10 tahun dan akan ada peninjauan kembali jika sudah sampai masa tenggat waktu. Namun, pihaknya tidak menjelaskan lebih jauh terkait berapa harga sewa panda Cai Tao dan Hu Chun.

Agus menyebut seharusnya Indonesia bisa menerapkan prinsip serupa terhadap satwa langkanya yang dikembangbiakkan atau dilakukan penangkaran di luar negeri.

"Bagaimana suatu negara sangat concern terhadap satwa yang sangat langka dan dilindungi. Di kita misalnya tapir, tapir yang putih hitam cuman ada di Indonesia dan Malaysia. Badak cula satu, badak Jawa cuman dari Jawa, harimau belang Jawa ya dari Jawa," tandasnya.


Selain mengenalkan Istana Panda dan sepasang Giant Panda, manajemen Taman Safari Indonesia (TSI) juga mengajak puluhan wartawan dari media nasional untuk mengunjungi Intregated Waste Management (IWM) yakni sentra pengolahan limbah di Taman Safari Bogor yang menghasilkan produk maggot. (Humas TSI Bogor/*)

 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top