Rasakan Sensasi Bercengkerama dan Feeding Kanguru Australia di Taman Safari Bogor, Cukup Bayar Rp35 Ribu Saja!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Mon - April 15, 2024 8:00 am  |  Article Hits:5419  |  A+ | a-
Foto bersama Kanguru Australia di Baby Zoo Taman Safari Bogor. (*)
Foto bersama Kanguru Australia di Baby Zoo Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Sudah kenalkah dengan satwa unik kebanggaan Negara Australia? Kanguru adalah satwa marsupial yang tergabung dalam famili Macropodidae. Famili ini terdiri dari banyak spesies, dan istilah kanguru biasanya digunakan untuk menyebut spesies-spesies terbesar. Sementara, spesies-spesies yang lebih kecil mendapat sebutan lain.

“Di Taman Safari Bogor ada sedikitnya 10 ekor Kanguru asal Australia. Bagi pengunjung yang ingin berinteraksi, memberi makan (feeding) atau berfoto bersama mereka bisa mengunjungi Babby Zoo yang lokasinya di jantung Taman Safari Bogor. Untuk feeding Kanguru Australia hanya membayar Rp35 ribu saja,” ungkap Manager Marcomm Taman Safari Bogor, Danang Wibowo, Selasa (26/3/2024).

Secara spesifik, istilah kanguru mengacu kepada 4 spesies saja, yaitu kanguru merah (Macropus rufus), kanguru abu-abu barat (Macropus fuliginosus), kanguru abu-abu timur (Macropus giganteus), dan kanguru antilopine (Macropus antilopinus).
Spesies-spesies yang kecil dari famili Macropodidae biasa disebut walabi, sedangkan spesies berukuran sedang disebut walaroo. Selain itu, ada pula kanguru pohon, yang tergabung dalam genus Dendrolagus dan terdiri dari sekitar 12 spesies. Banyak juga ya, hewan kerabat kanguru!

Kanguru adalah satu-satunya hewan berukuran besar yang bergerak dengan cara melompat. Karena struktur kaki serta tubuhnya, kanguru pun tidak bisa melangkahkan kaki belakangnya seperti cara manusia berjalan.


“Namun, kanguru tetap bisa berjalan pelan tanpa melompat, yaitu dengan bantuan ekornya,” ungkap Head Medical Animal Taman Safari Indonesia, drh. Bongot Huaso Mulia., MSc.

Saat berjalan pelan, kanguru akan menggunakan dua kaki depannya, serta ekornya yang bertindak sebagai "kaki" ketiga. Sementara kaki belakangnya terangkat dari tanah. Biasanya kanguru akan berjalan seperti ini saat sedang merumput. Saat sedang berdiri tegak pun, kanguru menggunakan ekornya sebagai penyeimbang.

Fakta unik lain yang dimiliki kanguru adalah sebagian besar dari mereka kidal alias tubuh bagian kirinya lebih dominan. Dilansir National Geographic, ilmuwan menemukan bahwa kebanyakan kanguru lebih sering menggunakan tangan kirinya untuk makan ataupun membersihkan diri.

Kebiasaan itu terutama terlihat pada kanguru merah dan abu-abu. Entah sedang berdiri dengan dua kaki atau empat kaki, mereka hampir selalu menggunakan tangannya untuk beraktivitas. Sementara pada kanguru pohon, yang menggunakan keempat kakinya untuk memanjat, ilmuwan tidak menemukan ada sisi tubuh yang lebih dominan.

Bagaimana, penasaran ingin melihat langsung dan memberi makan Kanguru Australia? Buruan kunjungi Taman Safari Bogor dan pesan tiket masuknya DI SINI. (Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top