Sea Lion World Day 2023, Yuk! Visit Taman Safari Bogor dan Menangkan Hadiah Menariknya
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Sun - May 28, 2023 11:07 am  |  Article Hits:5209  |  A+ | a-
Pertunjukkan Sea Lion di Taman Safari Bogor. (*)
Pertunjukkan Sea Lion di Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Menyambut peringatan Hari Singa Laur Sedunia yang jatuh pada 30 Mei 2023, Taman Safari Bogor menggelar sejumlah gelaran event menarik. Salah satunya adalah ‘Special Keeper Talk’ yang dibalut dengan bagi-bagi hadiah menarik.

“Event ini kami tujukan untuk mengedukasi pengunjung agar lebih mengenal satwa Singa Laut. Satwa ini memiliki banyak fakta unik yang masyarakat belum ketahui sehingga ini penting untuk diedukasikan,” ungkap Manager Marcomm Taman Safari Bogor, Danang Wibowo, Minggu (28/5/2023).
 
Danang mengatakan, gelaran event Keeper Talk Special Sea Lion World Day 2023 ini digelar mulai 1 Juni sampai 4 Juni 2023.
 
“Selain edukasi satwa, kegiatan ini juga bagi-bagi hadiah bagi pengunjung Taman Safari Bogor. Jadi, silahkan atur waktu kunjungan sampai 4 Juni 2023,” tandasnya.

 
Berkenalan dengan Singa Laut

Singa laut merupakan keluarga otariidae. Satwa dari keluarga Otariidae ini adalah pinnipeda yang punya daun telinga di kepalanya. Selain singa laut, ada juga anjing laut berbulu (fur seal) yang termasuk keluarga ini.

Dibandingkan anjing laut, singa laut punya sirip yang lebih besar dan bulunya lebih sedikit, sehingga bisa mudah digunakan untuk berjalan ke daratan.

Lalu, apa lagi menariknya hewan ini? Jika dilihat secara sekilas, mungkin kamu akan menganggap singa laut dan anjing laut adalah hewan yang mirip. 

Namun, kenyataannya mereka berbeda. Anjing laut masuk ke dalam keluarga phocidae, karena Phocidae tidak memiliki daun telinga, namun punya lubang telinga.

Sedangkan singa laut memiliki daun telinga, yang tentu saja terdapat lubang telinganya. Anjing laut kebanyakan hidup di laut kutub utara yang dingin atau di tepian kutub selatan.

Beberapa jenis anjing laut ada yang suka membuat gua dari salju untuk ditinggali. Singa laut tinggal di hidup di Pasifik Utara di antara Asia dan Amerika Utara, tepian Amerika Selatan, kutub selatan, Afrika barat daya, dan Australia selatan.

Singa laut merupakan hewan laut yang suka bergaul dan dikenal sebagai hewan sosial. Ketika bepergian, singa laut akan bergerombol menjadi sekelompok, dengan satu kelompok berjumlah 12 ekor.  Singa laut suka berkelompok untuk saling melindungi diri dari predator. Predator singa laut ini adalah paus pembunuh, hiu, serigala, dan beruang kutub.

Singa laut yang disebut mamalia ini berkembang biak dengan cara melahirkan. Setiap masa kehamilan, singa laut harus menjaga anaknya di dalam perut selama 11 bulan. Uniknya, anak-anak singa laut langsung bisa berenang seketika setelah lahir. Singa laut yang paling cepat di dunia yaitu singa laut dari California, mereka bisa menyelam hingga kedalaman 274,32 meter. 

Ketika menyelam, singa laut California bisa bertahan di dalam air selama 10 menit. Ini karena kemampuan unik mereka dalam memperlambat detak jantung, sehingga tidak perlu bernapas di dalam air. Karena kemampuan inilah, singa laut unggul dalam mengejar ikan, cumi, dan kerang. Umumnya, singa laut dapat berenang sejauh 274 meter di bawah permukaan air. Namun sayangnya, singa laut tidak bisa mencium bau jika berada di dalam air.

Bagaimana, penasaran ingin melihat langsung tingkah laku unik dan seru Singa Laut? Buruan kunjung Taman Safari Bogor dan pesan tiketnya DI SINI. (Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top