Taman Safari Indonesia Hibahkan Sepasang Komodo Kepada TMII
By editor
IND  |  Sat - January 12, 2019 7:37 am  |  Article Hits:13818  |  A+ | a-
SerahKomodo
SerahKomodo
Pada September 2018 lalu, sepasang komodo (varanus komodoensis) berkelamin jantan dan betina  berusia 1 tahun hasil penangkaran di Taman Safari Bogor dihibahkan kepada Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pemberian ini dimaksudkan sebagai tindak lanjut kerjasama antara Taman Safari Indonesia dengan TMII beberapa waktu lalu. Sedangkan, TMII sendiri menyerahkan beberapa jenis satwa, salah satunya adalah jenis unggas. 

Ini merupakan kerjasama antar lembaga konservasi dalam negeri dalam mendukung konservasi satwa langka secara berkelanjutan. Sepasang komodo ini diserahkan langsung oleh Drs. Jansen Manansang MSc, Direktur Taman Safari Indonesia kepada Dr. Tanribali Lamo, SH., selaku Direktur Utama TMII yang juga dihadiri oleh Dr. Taufik Sukasah, M.Si, Direktur Umum TMII, Drs. Maulana Cholid, Direktur Operasional TMII, serta disaksikan oleh Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta, dan Kepala BKSDA Jawa Barat.

Pada acara ini juga diadakan presentasi mengenai keberhasilan breeding komodo yang disampaikan oleh Drh. Bongot Huaso Mulia, selaku Studbook Keeper International Komodo Dragon.

Keberhasilan proses perkembangbiakan komodo mulai dari masa kawin, mengerami, hingga bertelur dan menetas, tidak luput dari kerja keras tim Taman Safari Indonesia dan para keeper reptil.  Ditunjang dengan desain exhibit yang menyerupai alam aslinya serta menggunakan tata surya sebagai pemanas alaminya. 

Komodo yang telah  menetas, dilakukan penimbangan dan pengukuran panjang badan yang dilakukan setiap 2 minggu sekali. Pemberian pakan, pemberian tambahan kalsium, penjemuran secara berkala. pengambilan darah DNA dan bahkan pemasangan microchip. 

Sebagai lembaga Konservasi, Taman Safari Indonesia merasa bangga dapat mengembangbiakan komodo, salah satu spesies satwa langka yang mendapat predikat sebagai Satwa Nasional. Diharapkan komodo hasil breeding tersebut, nantinya juga akan berkembangbiak di tempat barunya.
Top