National Panda Day 2024, Yuk! Kunjungi Istana Panda Taman Safari Bogor
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Fri - March 15, 2024 9:12 am  |  Article Hits:7920  |  A+ | a-
Giant Panda di Istana Panda Taman Safari Bogor. (*)
Giant Panda di Istana Panda Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Hari Panda Nasional (National Panda Day) dirayakan setiap 16 Maret. Panda, beruang pemakan bambu yang berbulu lembut merupakan sumber kebanggaan nasional Tiongkok. Ada dua subspesies panda: Panda raksasa, hitam dan putih, dan `panda Qinling`-Subspesies panda yang jauh lebih kecil dan berwarna cokelat, ditemukan pada tahun 1985 di pegunungan Provinsi Shaanxi selatan di Tiongkok.

Di alam liar, panda raksasa hanya hidup di daerah pegunungan China yang terpencil. Pada 2019, karena jumlah populasi yang berkembang pesat, status panda ditingkatkan dari spesies "terancam punah" menjadi spesies "rentan".

Namun, dilaporkan ada kurang dari 2.000 panda yang tersisa di alam liar, karena hilangnya habitat, pertanian, perburuan bulu, dan faktor lainnya. Panda hanya hidup sekitar 15 hingga 20 tahun di alam liar, tetapi mereka yang berada di penangkaran dapat hidup lebih lama lagi.

Beruang panda memainkan peran penting dalam ekosistem hutan bambu China, dengan menyebarkan benih, dan karenanya, menumbuhkan vegetasi baru, yang bermanfaat bagi manusia dan hewan. Itulah mengapa penting untuk melindungi panda dan lingkungannya.

Salah satu faktor yang menyebabkan status mereka terancam punah adalah tingkat kelahiran panda yang rendah. Mengingat panda betina hanya subur dua atau tiga hari dalam setahun, masuk akal jika reproduksi di alam liar lebih sulit untuk spesies ini.


Hu Chun dan Cai Thao yang Menggemaskan

Sudah lima tahun Istana Panda berdiri di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor. Sejak kedatangan satwa panda bernama Hu Chun dan Cai Tao dari China pada 28 September 2017 lalu, Istana Panda menjadi primadona tujuan pengunjung Taman Safari Bogor. Keduanya hadir untuk menjawab rasa penasaran warga Indonesia terhadap wujud asli panda raksasa ini.

Cai Tao adalah panda jantan yang lahir tanggal 4 Agustus 2010. Nama Cai Tao sendiri berarti pemuda yang tampan, karismatik, dan bangsawan. Sementara itu, Hu Chun adalah panda betina yang lahir pada 8 September 2010. Nama Hu Chun berarti danau di musim semi atau si cantik dari alam. Cai Tao dan Hu Chun lahir di China Conservation and Research Center for Giant Panda di Bifengxia, Yaan, Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Proses kedatangan Cai Tao dan Hu Chun telah dilakukan sejak lama, ditandai dengan pembangunan Istana Panda yang sekarang menjadi rumah mereka di Taman Safari Bogor. Cai Tao dan Hu Chun telah menempuh jarak lebih dari 4.400 kilometer, lepas landas dari Bandara Internasional Shuangliu di Chengdu, Tiongkok dengan menempuh perjalanan lima setengah jam hingga tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Apa saja fakta-fakta unik satwa yang satu ini?

Panda bisa dikatakan adalah salah satu hewan terunik di dunia. Mereka termasuk keluarga beruang, tapi warnanya lain sendiri dibanding semua beruang lain. Tidak seperti beruang lain yang suka makan daging, panda malah lebih suka makan pohon bambu. Mereka juga berbeda dengan beruang lain yang tampak garang, karena panda malah selalu tampak imut bahkan hingga dewasa.

Namun keunikan panda tidak hanya sebatas itu, ada sejumlah fakta unik lain tentang hewan endemik Tiongkok ini yang pasti akan membuatmu makin kagum pada mereka.

Panda menghabiskan 10-16 jam sehari untuk makan. Jumlah bambu yang mereka konsumsi dalam sehari pun sangat banyak, yaitu mencapai 12 kg.

“Tapi jumlah sebanyak itu pun sebenarnya tidak cukup untuk satwa sebesar panda. Berat panda bisa mencapai 160 kg, sedangkan bambu hanya mengandung sedikit kalori,” ungkap Head of Medical Animal Taman Safari Bogor, drh. Bongot Huaso Mulia, MSc.

Fakta lain menyebutkan, panda bisa bertahan hidup dengan bambu karena punya gaya hidup yang cenderung malas. Itu membuat panda hanya butuh 38 persen kalori yang biasa dibutuhkan hewan sebesar mereka.

Meski merupakan fans sejati bambu, panda ternyata tidak seratus persen herbivor. Laman World Wildlife Fund menyebut bahwa 99 persen makanan panda adalah bambu, sementara 1 persennya adalah hewan kecil dan telur. Panda khususnya butuh makan daging saat mereka gak mendapat kalori yang sesuai kebutuhannya.

Panda adalah salah satu hewan yang perbandingan ukuran induk dan bayinya paling esktrem. Laman Huffpost menyebut bahwa induk panda memiliki berat rata-rata 90 kg, sedangkan bayi panda yang baru lahir hanya berbobot 100 gram. Artinya, induk panda berukuran 900 kali lebih besar dibanding bayinya.

Tidak hanya sangat kecil, bayi panda juga terlahir dalam kondisi yang tampak seperti belum siap dilahirkan. Mereka buta dan tak berbulu. Butuh waktu lama bagi mereka untuk akhirnya membuka mata, yaitu usia 6-8 minggu, dan baru bisa merangkak pada usia 3 bulan. Dengan kondisi demikian, sekitar 40 persen bayi panda mati di alam liar.

Panda adalah hewan yang penyendiri. Mereka menandai wilayahnya dengan cara buang air kecil di batang pohon. Uniknya, kadang panda akan melakukannya sambil berdiri dengan kaki depannya, persis orang yang sedang handstand. Tujuannya adalah supaya mereka bisa meninggalkan baunya di titik yang lebih tinggi.


Istana Panda menjadi primadona wisata di Taman Safari Bogor dalam dua tahun terakhir. Terlebih saat memasuki musim libur Tahun Baru Imlek, Istana Panda menjadi semacam tempat healing, tradisi budaya yang kental dengan budaya Tionghoa bagi wisatawan.

“Banyak netizen bertanya berapa tarif bus menuju Istana Panda? Kami tegaskan biayanya nol rupiah alias gratis karena sudah termasuk tiket terusan,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Lies Yuwati.

Jalur menuju ke Istana Panda memang tak bisa dilalui mobil atau kendaraan pribadi. Jalurnya dikhususkan untuk bus wisata Taman Safari Bogor saja. Sahabat Satwa bisa mengantre di halte penjemputan untuk menaiki bus ini.

“Pemberangkatan bus ini kami jadwalkan 10-15 menit sekali. Artinya, pengunjung tidak butuh waktu lama untuk menunggu. Di dalam bus, wisatawan bisa melihat panorama kabut Gunung Gede Pangrango dari ketinggian, sangat seru!,” ungkapnya.

Di Istana Panda, Sahabat Satwa juga disuguhkan nuansa Tiongkok. Ditambah lagi ada spot-spot menarik untuk berfoto dan menikmati udara sejuk pegunungan. Selain bisa melihat giant panda dan red panda, pengunjung juga bisa bersantap siang atau menikmati kopi hangat sembari menikmati kabut yang turun dari Gunung Gede Pangrango. Asyik kan? Buruan kunjungi Taman Safari Bogor dan cek promo tiketnya DI SINI. (Humas TSI Bogor/*)
 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top