World Wildlife Day 2023, Taman Safari Bogor Ajak Cintai Satwa Liar Dunia!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Fri - March 3, 2023 10:02 am  |  Article Hits:6744  |  A+ | a-
Satwa-satwa liar di Taman Safari Bogor. (*)
Satwa-satwa liar di Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Tahukah Sahabat Satwa setiap 3 Maret diperingati sebagai World Wildlife Day atau Hari Satwa Liar Sedunia. Hari ini, 3 Maret 2023 adalah hari internasional untuk merefleksi pentingnya menjaga dan melestarikan satwa-satwa liar di Dunia.

“Hari Satwa Liar Sedunia diperingati setiap tanggal 3 Maret dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan satwa dan tumbuhan liar di dunia dan kontribusi yang mereka berikan untuk kehidupan manusia dan kesehatan planet bumi,” ungkap Head of Animal Taman Safari Bogor, dr. Bongot Huaso Mulia, Jumat (3/3/2023).

Melansir situs World Wildlife Day, sejarah dicetuskannya Hari Satwa Liar Sedunia bermula pada tanggal 20 Desember 2013. Pada sesi ke-68, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNGA) menetapkan tanggal 3 Maret sebagai Hari Satwa Liar Sedunia.

Tanggal 3 Maret Hari Satwa Liar Sedunia dipilih berdasarkan hari di mana Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora Liar yang Terancam Punah (CITES) disahkan pada tahun 1973. Konvensi ini merupakan perjanjian internasional antara pemerintah untuk memastikan bahwa perdagangan internasional spesimen hewan dan tumbuhan liar tidak mengancam kelangsungan hidup spesies tersebut.


Sesuai dengan konvensi ini, badan-badan PBB, organisasi sektor swasta, filantropi dan organisasi non-pemerintah terus bekerja untuk konservasi, penggunaan satwa liar yang berkelanjutan dan dalam memerangi perdagangan ilegal dan menipisnya satwa liar.

Selanjutnya Hari Satwa Liar Sedunia kini telah menjadi acara tahunan global terpenting yang didedikasikan untuk satwa liar di dunia. Peringatan Hari Satwa Liar Sedunia untuk pertama kalinya adalah pada 3 Maret 2014 lalu.

Tahun ini, peringatan Hari Satwa Liar Sedunia 2023 adalah peringatan yang ke-50 tahun sejak berdirinya CITES di tahun 1973 silam. Untuk peringatan Hari Satwa Liar Sedunia 2023, PBB telah merilis tema peringatannya.

Melansir situs resminya, PBB mengusung tema Hari Satwa Liar Sedunia 2023 adalah "Partnerships for Wildlife Conservation" artinya "Kemitraan untuk Konservasi Satwa Liar".

Tema tersebut memberikan kesempatan kepada semua orang untuk membuat perubahan lebih baik serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap keberlanjutan, konservasi satwa liar, dan keanekaragaman hayati.


Taman Safari Bogor Gencarkan Kampanye Cinta Satwa

Sebagai wahana rekreasi berbasis konservasi alam dan satwa berkelas Dunia, Taman Safari Bogor terus berupaya mengkampanyekan gerakan cinta satwa ke seluruh penjuru. Seluruh sumber daya manusia (SDM) yang ada, baik keeper maupun pegawainya difokuskan untuk terus mengajak seluruh kalangan agar lebih peduli kepada masa depan satwa.

“Gerakan peduli dan cinta satwa ini memang menjadi consern utama Taman Safari Bogor sejak berdiri sekitar 1986. Kami berharap ada dukungan serius dari masyarakat Indonesia dan Dunia. Dengan mengunjungi Taman Safari Bogor, setidaknya sudah membantu kelestarian satwa-satwa langka Dunia,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan, Jumat (3/3/2023). (*)
 
(Humas TSI Bogor)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top