Sukses Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Bogor, Taman Safari Bogor Terima Piala Panca Karsa Pariwisata 2022
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Fri - February 24, 2023 3:43 pm  |  Article Hits:7073  |  A+ | a-
Manajemen Taman Safari Bogor menerima Piala Panca Karsa dari Pemkab Bogor, Jumat (24/2/2023).
Manajemen Taman Safari Bogor menerima Piala Panca Karsa dari Pemkab Bogor, Jumat (24/2/2023).
BOGOR- Taman Safari Bogor secara resmi menerima piala Lifetime Achievement Award Panca Karsa Pariwisata 2022 dari Pemkab Bogor, Jumat (24/2/2023). Lifetime Achievement Award ini diberikan kepada Taman Safari Bogor atas dedikasi dan kontribusi TSI Bogor terhadap pengembangan daya tarik destinasi pariwisata di Kabupaten Bogor.  

Piala Panca Karsa ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kabupaten Bogor, Deni Humaedi kepada General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan di Ruang VVIP Taman Safari Bogor.

“Kami mengapresiasi eksistensi Taman Safari Bogor dalam pengembangan wisata di Kabupaten Bogor selama puluhan tahun. Berkat TSI Bogor, Kabupaten Bogor dikenal secara luas sebagai kawasan wisata favorit di Dunia,” ungkap Kadisbudpar Taman Safari Bogor, Deni Humaedi, saat menyerahkan Piala Panca Karsa ke Manajemen Taman Safari Bogor, Jumat (24/2/2023).


Deni juga mengatakan, Piala Panca Karsa Wisata 2022 ini juga merupakan penghormatan Pemkab Bogor kepada Taman Safari Bogor atas dedikasi dalam pengembangan wisata berbasis edukasi.

“Taman Safari Bogor bukan saja tempat wisata. Tapi juga menjadi wahan edukasi bagi masyarakat Indonesia untuk mengenal satwa-satwa Nusantara. Tidak hanya menghibur masyarakat, Taman Safari Bogor juga telah memberikan sumbangsih besar bagi pendapatan daerah Kabupaten Bogor. TSI Bogor juga berkontribusi bagi penghidupan ekonomi kerakyatan Kawasan Puncak. Ini sangat membanggakan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan, mengaku sangat berterima kasih atas awarding yang diberikan Pemkab Bogor.

“Eksistensi Taman Safari Bogor yang terus-menerus melakukan perbaikan tentunya tidak terlepas dari dukungan pemerintah, khususnya Pemkab Bogor. Kami juga berterima kasih kepada masyarakat Indonesia yang terus memberi dukungan agar kami tetap profesional memberikan pelayanan terbaik,” ungkap Emeraldo.


Taman Safari Bogor yang berlokasi di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dibangun pada tahun 1986 pada sebuah perkebunan kina yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektare dan memperluas areanya hingga 168 hektare.
Taman Safari Indonesia Bogor ditetapkan sebagai Objek Wisata Nasional oleh Bapak Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada 1988 dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Bapak Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1990. 

Pada tahun 1979, bermula dari langkah kecil mendirikan hotel yang di lengkapi taman satwa dengan tujuan agar masyarakat bisa mencintai satwa dan memberikan edukasi terhadap konservasi. Dilanjutkan dengan mendirikan Pusat Pelatihan Gajah di Indonesia pada Tahun 1982, yang bertujuan untuk melindungi populasi gajah dari kepunahan.

Taman Safari Bogor adalah Taman hiburan edukasi berbasis konservasi satwa yang terdepan di dunia dan menginspirasi pelestarian alam yang memiliki 4 pilar utama yaitu Conservation, Education, Reaserch, and Recreation. Membuktikan kontribusi di bidang reaserch dengan mendirikan Rumah sakit satwa terbesar di Asia dan menjadi pusat ilmu penemuan utamnya satwa endemik Indonesia, salah satunya adalah bank sperma harimau sumatera yang sudah terancam punah.


Taman Safari Bogor sebagai pelopor dalam konservasi dan taman rekreasi yang berkonsep Modern Zoo dan mampu membawa Indonesia di akui Dunia. Serta menjadi lembaga konservasi ex-situ dan objek wisata nasional yang terkenal di Mancanegara. Atas keberhasilnya Taman Safari Bogor memperoleh akreditasi nasional dan internasional sebagai lembaga konservasi ex-situ terbaik di Indonesia untuk pengelolaan satwa liar dan infrastruktur pendukungnya. Saat ini, Taman Safari Indonesia Bogor bertekad untuk melanjutkan upayanya untuk terus menjadi lembaga konservasi, pendidikan dan rekreasi yang telah diakui dunia.


Penghargaan Nasional yang berhasil diraih Taman Safari Indonesia :

1. 1989 – Obyek Wisata Nasional
2. 1990 – Lembaga Konservasi Ex-Situ
3. 1990 – Pusat Penangkaran Satwa Liar
4. 2002 – Kalpataru
5. 2004 – Inovasi Kepariwisataan Indonesia
6. 2006 – Satya Lancana Pembangunan
7. 2008 – Bintang Jasa Utama
8. 2011 – Satya Lancana Pembangunan
9. 2017 – Anugerah Kawistara
 
Penghargaan Internasional yang berhasil diraih Taman Safari Indonesia  :

1. 2017 GIANT PANDA GLOBAL AWARD (Kategori Penggerak Program Konservasi Panda Dunia dan Favorite Panda Outside of china)
 
2. 2018 GIANT PANDA GLOBAL AWARD (Kategori Most Educational Panda Zoo Enclouser, Favorite Panda Zoo Restaurant, Favorite Panda oustside of china). (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top