Kenali dan Sayangi, Ini Lima Fakta Unik Kuda Nil di Taman Safari Bogor!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Fri - June 28, 2024 3:00 pm  |  Article Hits:15164  |  A+ | a-
Kuda Nil di Taman Safari Bogor. (*)
Kuda Nil di Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Kuda nil atau Hippopotamus amphibius merupakan satwa yang sudah ditemukan berevolusi di Afrika pada 8 juta tahun yang lalu. Kuda nil ini ternyata memiliki kekerabatan dengan lumba-lumba dan paus. Inilah yang membuat satwa yang satu ini sangat mahir menahan napas di dalam air.

Kuda nil yang hidup di dunia ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu kuda nil rawa dan kuda nil kerdil. Umumnya, saat ini habitat asli kuda nil berada di Benua Afrika, yaitu di Zambia dan Tanzania.

Dilansir dari Kapama, angka populasi kuda nil saat ini sudah semakin menurun bahkan sampai 20% dalam kurun waktu 20 tahun.
Bahkan, International Union for Concervation of Nature atau IUCN telah mendaftarkan kuda nil sebagai spesies yang rentan punah pada tahun 2006.

Hal yang menyebabkan populasi kuda nil menurun, yaitu karena kekeringan dan perburuan liar yang mengancam kuda nil.
Hari Kuda Nil Sedunia menjadi momen pengingat bagi kita semua tentang pentingnya menjaga populasi satwa yang satu ini.

1. Banyak Menghabiskan Waktu di Dalam Air

Kuda nil merupakan satwa yang badannya tidak pernah berkeringat karena hewan ini tidak bisa berkeringat. Maka dari itu, saat keluar dari dalam air, tubuhnya akan cepat untuk kering lagi.

Nah, meski begitu, tubuh kuda nil dapat mengeluarkan zat berminyak yang membuat kulitnya selalu lembap.
Hal ini bertujuan untuk mencegah sengatan sinar matahari dan memiliki sifat antibakteri.

2. Tidak Bisa Berenang

Meski sering di dalam air, kuda nil tidak bisa berenang atau bernapas di dalam air. Akan tetapi, kuda nil memiliki kemampuan untuk berlari dengan sangat cepat, bahkan saat di dalam air.

Meski tubuhnya besar, tubuh kuda nil terutama kepala dapat mengembangkan sistem adaptasi otomatis. Kepala kuda nil akan tetap berada di atas air untuk bernapas meskipun seluruh badannya berada di dalam air.

3. Makan 60 Pon Makanan

Kuda nil memiliki tubuh yang sangat besar, membuatnya dapat memakan banyak makanan. Kuda nil biasanya menghabiskan 16 jam untuk berendam di dalam air, setelahnya ia akan merasa lapar. Kuda nil akan keluar dari air dan mencari makanan, seperti buah dan tumbuh-tumbuhan yang bisa dikonsumsinya sampai 60 pon.

4. Saat Lahir Ukurannya Besar

Saat melahirkan, kuda nil bisa melahirkan anak yang beratnya bisa mencapai 45 kilogram atau 100 pon. Nah, bayi kuda nil bisanya akan menyusu pada induknya yang bisa dilakukan di darat dan di air. Saat menyusui di dalam air, bayi kuda nil akan menutup hidung dan telinganya agar bisa menyusui dengan aman.

5. Tidak Memiliki Ikatan Sosial

Kuda nil merupakan hewan yang tidak mengembangkan ikatan sosial di antara spesiesnya. Ikatan yang terjalin biasanya hanya antara induk dan anak kuda nil itu sendiri. Selain itu, kuda nil juga tidak mempunyai perilaku teritorial.

Jika penasaran ingin melihat langsung bagaimana wujud dan tingkah Kuda Nil, Sahabat Satwa bisa mengunjungi Taman Safari Bogor. Intip keseharian Kuda Nil lewat Safari Journey ya. Pesan tiket masuknya DI SINI. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top