Ini Lima Fakta Unik Taman Safari Bogor yang Wajib Kamu Ketahui sebelum Berkunjung!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Mon - April 22, 2024 12:10 pm  |  Article Hits:19521  |  A+ | a-
Feeding Lion di Taman Safari Bogor. (*)
Feeding Lion di Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Sudah tahukah Sahabat Satwa kalau Taman Safari Bogor memiliki lima fakta unik yang wajib diketahui. Seperti Sahabat Satwa ketahui, Taman Safari Bogor merupakan tempat wisata ramah keluarga yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa di alam bebas.

Ketika memasuki kawasan Taman Safari Bogor, pengunjung akan disuguhkan pemandangan menakjubkan dari satwa di sana.
Semua satwa terlindungi yang tinggal di Taman Safari Indonesia dipisahkan dalam kandang yang jaraknya begitu luas. Pantas saja jika pengunjung betah bahkan hingga tak cukup waktu seharian menjelajahi Taman Safari seluas kurang lebih 200 hektar ini.
 

 
Taman Safari Bogor di Cisarua, Kabupaten Bogor menyimpan banyak fakta unik yang perlu kamu ketahui.
Inilah 5 fakta unik Taman Safari Bogor yang wajib Sahabat Satwa ketahui:

1. Diinisiasi Grup Oriental Sirkus Indonesia

Taman Safari didirikan tahun 1981 di atas tanah seluas 55 hektar. Tanah ini dulunya merupakan eks tanah perkebunan Cisarua Selatan yang sudah tidak produktif.

Taman Safari Indonesia dibangun oleh 3 figur bersaudara yang awalnya tergabung dalam grup Oriental Sirkus Indonesia. Mereka adalah Yansen Manansang, Frans Manansang, dan Tony Sumampau yang mengawalinya untuk membuat modern zoo.

Untuk membuat modern zoo ini mengundang 2 konsultan dari Jerman dan Amerika. Hingga akhirnya dibuka pada April 1986 dan diresmikan sebagai obyek wisata nasional tanggal 16 Maret 1990.


2. Memiliki ribuan koleksi satwa

Awal dibuka, Taman Safari memiliki 400 ekor satwa dari 100 spesies dari 5 benua di dunia. Di antaranya badak, orang utan, harimau, dan lain-lain. Saat ini, koleksi satwa terus bertambah menjadi 7.000 ekor dari 300 spesies. Terakhir yang paling menggemparkan, Taman Safari Bogor memiliki satwa baru yaitu sepasang ekor panda yang didatangkan langsung dari China.

Sudah tahukah Sahabat Satwa kalau Taman Safari Bogor memiliki lima fakta unik yang wajib diketahui. Seperti Sahabat Satwa ketahui, Taman Safari Bogor merupakan tempat wisata ramah keluarga yang berwawasan lingkungan dan berorientasi habitat satwa di alam bebas.

3. Jadi Wisata Favorit Keluarga

Taman Safari berkembang tak hanya sebagai pusat konservasi satwa namun juga dilengkapi sarana edukasi dan rekreasi. Sahabat Satwa juga bisa memberi makan singa, safari malam, safari journey, behind the scene tour, treking, kemah, outbond, dan wisata air terjun.

Selain itu, Taman Safari juga memiliki 24 wahana permainan. Tak hanya di Bogor, perkembangannya membawa Taman Safari ada di beberapa daerah di Indonesia. Yakni Taman Safari Prigen, Batang Dolphins Center, dan Bali Safari.

Di Taman Safari Bogor sendiri, mendapat kurang lebih 1.4 juta pengunjung per tahun, dimana 15 persen di antaranya adalah turis mancanegara.


4. Istana Panda

Di Istana Panda, pengunjung bis melihat sepasang panda yang didatangkan langsung dari China. Mereka dinamakan Cai Tao untuk panda jantan dan Hu Chun si panda betina. Istana Panda dibangun menyerupai habitat aslinya di China. Maka jangan heran jika kamu masuk ke Istana Panda ini akan serasa berada di China.

Selain Hu Chun dan Cai Tao, di sini juga ada 6 panda merah yang berada di kandang berbeda. Mereka adalah Xing Xing, Hao Hao, Pai Pai, Sen Sen, Mey Mey, dan Shuai Shuai. Kandang pandanya sendiri berada di lantai 3. Sementara lantai 1 ada toko aksesoris serba panda yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Sedangkan di lantai 2 ada restoran khas China dengan nama makanannya Hu Chun dan Cai Tao.

5. Mengenal Langsung Satwa Unik Dunia

Pernah merasakan berada di antara singa Afrika buas sambil memberi mereka makan? Di Taman Safari Bogor, Sahabat Satwa juga bisa mewujudkan memberi makan dari jarak dekat. Namun untuk memastikan keamanan, pengunjung harus menggunakan kendaraan khusus yang disediakan Taman Safari.

Maksimal kendaraan diisi oleh 6 orang pengunjung saja untuk satu kali trip dengan durasi kurang lebih 30 menit. Selama proses pemberian makan ini didampingi oleh keeper untuk memastikan keselamatan pengunjung. Saat menyuapkan daging tersebut ke mulut singa, harus menggunakan bantuan pencapit. Para singa nantinya akan mengerumuni mobil menunggu makanan masuk ke dalam mulutnya.

Gimana, menarik dan bikin penasaran buka bermain sekaligus belajar di Taman Safari Bogor? Untuk tiket masuknya bisa dipesan DI SINI ya. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top