Fakta Unik Burung Pelikan, Nikmati Feedingnya di Danau Caravan Taman Safari Bogor
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Tue - February 20, 2024 10:05 am  |  Article Hits:27058  |  A+ | a-
Feeding pelikan di Danau Caravan Taman Safari Bogor. (*)
Feeding pelikan di Danau Caravan Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Sudahkah Sahabat Satwa mengenal burung yang satu ini. Hidupnya berkoloni. Diantara jenis burung air lainnya, perawakan burung ini paling besar. Secara keseluruhan panjang tubuhnya bisa mencapai 1.5 meter. Saat sayapnya membentang panjangnya bisa sampai 2,7 meter. Sementara itu, bentuk paruhnya meruncing dengan ukuran panjang sekitar 30 cm. Dialah burung Pelikan.

Selain punya paruh yang panjang, burung dengan nama latin Pelecanus conspicillatuas ini memiliki paruh yang berkantung, dan itu merupakan ciri khasnya. Diantara burung lainnya burung pelikan mempunyai paruh terpanjang. Sementara itu, bagian atas paruhnya mempunyai ujung yang bengkok berwarna merah muda.


Burung pelikan adalah salah satu jenis burung air yang bulunya berwarna hitam dan putih, merupakan bagian dari keluarga burung Pelecanidae. Bersama burung lain seperti cikalang, pecuk ular, angsa batu, dan pecuk, burung-burung ini membentuk ordo Pelecaniformers. Umumnya, burung yang dikenal juga dengan sebutan undan kacamata ini hidup di wilayah hangat. Di kawasan yang dingin seperti laut dalam, kutub dan benua Amerika Selatan mereka tidak dijumpai.

Saat mendiami lahan basah di pesisir pantai burung pelikan hidup berkelompok, begitu juga pada saat terbang. Burung pelikan bisa terbang dalam waktu yang lama, dan saat terbang formasinya membentuk huruf “V”. Di tanah, burung pelikan nampak kaku.
Sementara ketika di air atau udara mereka lincah, pelikan merupakan perenang yang baik. Hal ini karena karakter kakinya yang berselaput, kuat dan pendek.


“Burung pelikan merupakan salah satu burung migrasi dari benua Australia. Ketika memasuki musim dingin, burung yang mempunyai berat tubuh antara 4-13 kilogram ini akan terbang ke belahan bumi utara untuk mencari makan dan berkembangbiak,” ungkap Head of Medical Animal Taman Safari Bogor, dr. Bongot Huaso Mulia, MSc., Selasa (20/2/2024).

Bongot menjelaskan, umumnya burung pelikan dijumpai berkelompok. Akan tetapi kadang juga berpasangan atau sendiri. Habitatnya menyukai kawasan di perairan air tawar dan asin, danau dan sungai. Saat bersarang mereka berkelompok, memiliki jumlah 1-4 butir telur dengan ukuran sekitar 93 mm x 57 mm.

“Burung pelikan merupakan jenis burung yang dilindungi Undang-Undang, hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi,” ungkapnya.

Di Taman Safari Bogor, spot untuk melihat dan berinteraksi dengan burung-burung ini tersedia di Danau Caravan yang terletak di samping Cafe Caravan.

“Untuk menikmati feeding Burung Pelikan dan berfoto bersama keluarga, pengunjung hanya membayar Rp25 ribu saja. Kita sediakan pakan khusus,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Lies Yuwati, Selasa (20/2/2024).

Bagaimana, tertarik menikmati feeding burung Pelikan? Buruan pesan tiket masuk Taman Safari Bogor DI SINI. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)

#TamanSafariBogor #TSIBogor 
#TiketTamanSafari #HargaTiketTSI 
#TiketMasukTSI #SafariResort 
#SafariMalam #ValentineDay 
#FebruaryFuntastic
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top