Penguin Awareness Day 2023, Mari Jaga dan Cintai Mereka!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Fri - January 20, 2023 2:27 pm  |  Article Hits:119  |  A+ | a-
Penguin di Taman Safari Bogor. (*)
Penguin di Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Hari Kesadaran Penguin atau Penguin Awareness Day diperingati pada tanggal 20 Januari setiap tahun. Meskipun kita menyadari betapa menggemaskannya burung-burung yang tidak bisa terbang ini, jumlah penguin di Dunia semakin berkurang dan membutuhkan lebih banyak perhatian. 

Populasi penguin yang menyusut dengan cepat setiap tahun sebagian besar tidak diperhatikan karena habitat alami mereka biasanya di tempat yang tidak ditinggali manusia. Penguin Awareness Day adalah inisiatif yang bagus untuk meningkatkan kesadaran tentang hal penting ini, dan juga menikmati kegiatan bertema penguin yang menyenangkan.

Pemandangan seekor penguin kecil yang berkeliaran di tanah airnya yang sedingin es tentu sangat menawan. Penguin memang hidup di Belahan Bumi Selatan dan diklasifikasikan sebagai burung air. 


Penguin merupakan satwa yang tidak bisa terbang dan menghabiskan hari-harinya dengan berenang dan berburu ikan untuk dimakan. Satwa ini tergolong tidak berbahaya tetapi diburu oleh predator seperti paus, hiu, dan anjing laut. Inilah alasan kenapa penguin terlihat berkelompok, untuk mengalihkan perhatian calon pemburu. Penguin selalu menjadi subyek intrik besar, dengan daftar panjang film kartun dan dokumenter dikaitkan dengan mereka.

Di Taman Safari Bogor, saat ini juga ada Istana Penguin yang lokasinya tidak jauh dari area ex-habit primata. Di Taman Safari Bogor, penguin dijaga dan dirawat layaknya di habitat asli mereka.

TSI sengaja mendatangkan satwa langka ini dari Jepang. Hasil kerja sama TSI Bogor dengan Sea Life Park Tokyo pada 2008 ini sukses menjaga dan mengembangbiakkan Penguin jenis Humboldt ini.

Menurut Badan Konservasi Dunia (The International Union for Conservation of Nature/IUCN), satwa Penguin memang masuk dalam kategori langka karena populasinya semakin menipis. Penguin Humboldt memerlukan waktu sekitar 40-41 hari untuk menetaskan telur. Artinya, untuk meningkatkan populasi Penguin ini tak perlu memakan waktu panjang.

“Tak hanya melihat tingkah menggemaskan penguin berenang. Sahabat Satwa juga bisa berfoto bersama dan berinteraksi secara langsung dengan mereka. Untuk bisa beriteraksi, berfoto bersama sambil memberi makan satwa unik ini, Sahabat Satwa hanya cukup membayar Rp100 ribu saja,” ungkap General Manager Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan.

Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor bukan saja sekedar tempat rekreasi (piknik). TSI Bogor juga merupakan tempat konservasi satwa sekaligus edukasi yang ramah keluarga. Dengan mengunjungi TSI Bogor, Sahabat Satwa juga telah berperan dalam program konservasi (pelestarian) satwa-satwa yang dilindungi.

Bagi Sahabat Satwa yang ingin mengunjungi TSI Bogor, informasi harga tiket dan pemesannya bisa klik DI SINI. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)

#TamanSafariIndonesia #TSIBogor 
#PiknikBogor #WisataBogor 
#DestinasiBogor #WisataPuncak
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top