Serunya Feeding Panda Merah di Taman Safari Bogor, Yuk Kenali Fakta Unik Satwa Ini!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Wed - February 21, 2024 8:40 am  |  Article Hits:14080  |  A+ | a-
Feeding Red Panda atau panda merah di Istana Panda Taman Safari Bogor. (*)
Feeding Red Panda atau panda merah di Istana Panda Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Salah satu satwa unik di Taman Safari Bogor yang wajib disinggahi dan diajak berinteraksi adalah panda merah (Red Panda) atau nama ilmiahnya Ailurus fulgens. Untuk berjumpa dan berinteraksi dengan satwa lucu ini, Sahabat Satwa bisa naik bus khusus yang disediakan Taman Safari Bogor menuju Istana Panda.

“Untuk menuju Istana Panda, pengunjung Taman Safari Bogor tidak perlu lagi membayar tiket. Kami sediakan bus khusus yang bisa dinikmati gratis, karena masuk tiket terusan,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Lies Yuwati, Rabu (21/2/2024).


Feeding Panda Merah

Panda merah adalah hewan karnivora dari Himalaya Timur dan barat daya Tiongkok. Satwa yang satu ini memang salah satu mamalia yang sulit dipahami dan sangat misterius dari berbagai keanekaragaman hayati di hutan Himalaya. Mereka biasa disebut "firefox", "lesser-panda", hingga "beruang kucing merah". Namun, beberapa ahli lebih suka menyebut mereka sebagai "Panda Pertama" dan "Panda Asli".

“Untuk feeding dan beriteraksi dengan panda merah ini hanya Rp75 ribu. Pengunjung kami berikan kesempatan untuk berfoto, memberi makan dan belajar mengenai fakta-fakta unik mereka,” ungkap Lies.

Ailurus fulgens tergolong satwa yang terampil dan akrobatis karena sebagian besar tinggal di atas pohon. Hampir 50 persen habitat panda merah ada di Himalaya Timur.

“Mereka menggunakan ekornya yang panjang dan lebat untuk keseimbangan dan menutupi diri di musim dingin. Satwa ini sangat gemar memakan bambu,” ungkap Head of Medical Animals Taman Safari Bogor, drh. Bongot Huaso Mulia, M.Si.

Bongot mengatakan, saat ini di Taman Safari Bogor terdapat 6 ekor panda merah, di antaranya 2 ekot jantan 4 ekor betina. Panda merah memiliki perawakan mirip seperti beruang dengan bulu cokelat kemerahan yang tebal. Perut dan anggota badannya berwarna hitam. Ada tanda putih di sisi kepala dan di atas matanya yang kecil.

Panda merah juga memiliki ekor lebat tebal dengan enam cincin merah kekuningan yang sangat panjang. Ekornya berukuran panjang dari sekitar 28 hingga 49 cm dan digunakan oleh panda merah untuk membantunya menyeimbangkan diri di pepohonan. Mereka juga menggunakannya untuk menutupi diri mereka dari cuaca dingin. Kaki mereka pendek dan hitam. Mereka memiliki bulu di telapak kaki mereka yang mencegah tergelincir di cabang basah dan membantu menjaga tubuhnya tetap hangat.

“Cakar-cakar pada kakinya bersifat semi-retractable sehingga tidak rusak saat berjalan di tanah dan tetap tajam untuk memanjat pohon,” jelas Bongot.

Panda merah memiliki 38 gigi yang mereka butuhkan untuk memakan makanan utama mereka, yaitu bambu. Panjang tubuh rata-rata panda merah adalah 51 hingga 64 cm dengan panjang ekor 28 hingga 49 cm. Berat rata-rata panda merah jantan adalah 4,5 hingga 6,2 kg dan betina 3 hingga 4,5 kg. Sementara itu, rentang usia panda merah liar adalah sekitar 12 tahun. Sementara jika mereka tinggal di penangkaran yang baik, maka usianya bisa mencapai 15 tahun.

Sebagian besar makanan panda merah adalah daun bambu dan mereka memakan batangnya di musim semi. Mereka juga makan buah di musim panas,” jelas Bongot.



Habitat

Habitat asli panda merah tersebar di Himalaya, Myanmar (Burma), Nepal dan Tiongkok tengah. Secara umum, habitat mereka adalah hutan bambu beriklim sejuk, dan daerah pegunungan.

Mereka menjadi terancam karena hilangnya habitat mereka akibat deforestasi dan pembukaan lahan pertanian dan perkebunan. Mereka juga terancam karena perburuan untuk diambil bulunya. So, ini adalah tugas bersama agar kelestarian populasinya tetap terjaga dengan baik.


Perilaku Unik Panda Merah

Panda merah menjalani sebagian besar kehidupan menyendiri. Mereka hanya akan bersama untuk kawin atau ketika ibu dan anaknya bersama untuk tahun pertama setelah lahir. Sebagian besar hidup mereka dihabiskan di atas pepohonan dan paling aktif saat senja dan fajar.

Mereka umumnya pendiam, tetapi berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan suara siulan dan kicauan. Bagaimana, penasaran kan dengan tingkah lucu mereka? Buruan kunjungi panda merah nan menggemaskan ini di Taman Safari Bogor. Pesan tiket masuknya DI SINI. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)
 
#TamanSafariBogor #TSIBogor
#TamanSafariIndonesia #PandaMerahTSI
#PandaMerah #IstanaPandaTSI #IstanaPanda
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top