Fakta Unik Bekantan, Maskot Kota Banjarmasin yang Dijaga Populasinya di Taman Safari Bogor
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Sat - March 30, 2024 3:00 pm  |  Article Hits:10157  |  A+ | a-
Bekantan di Taman Safari Bogor. (*)
Bekantan di Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Eksistensi Taman Safari Bogor melestarikan dan menjaga populasi satwa-satwa yang terancam punah terus dijalankan. Pandemi Covid-19 selama dua tahun belakangan tak menjadi rintangan serius bagi seluruh resources yang ada. Seluruh resources, baik karyawan hingga perkebunan di sekitarnya diberdayakan untuk menjamin kenyamanan satwa yang ada di dalamnya.

Salah satu satwa unik yang menjadi perhatian Taman Safari Bogor adalah bekantan (Nasalis larvatus). Satwa yang diabadikan sebagai maskot Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ini memang masuk kategori salah satu satwa yang terancam punah.

"Bekantan menjadi salah satu ikon Pulau Kalimantan, bahkan di Kalimantan Selatan terdapat patung bekantan berukuran besar yang menjadi maskot Kota Banjarmasin. Taman Safari Bogor mengambil langkah konservasi untuk menjaga populasi mereka. Satwa ini terancam habis karena perburuan,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Lies Yuwati, Sabtu (30/3/2024).


Terpisah, Head of Animal Health Taman Safari Bogor, Drh. Bongot Huaso Mulia M.Si. mengatakan, bekantan termasuk dalam daftar satwa yang terancam punah berdasarkan daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN). Jumlahnya di alam pun mulai berkurang akibat berkurangnya lahan hutan dan perburuan liar.

"Sebagai lembaga konservasi, Taman Safari Bogor tentu berkewajiban melindungi satwa liar, edukasi, dan penelitian. Mengingat status konservasi satwa ini terancam punah sehingga besar harapan kami untuk ikut aktif dalam konservasi bekantan melalui breeding atau pengembangbiakannya," ungkap Bongot.


Bongot menjelaskan, ada 12 ekor bekantan di Taman Safari Bogor yakni 6 jantan dan 6 betina. 

"Habitat asli jenis ini adalah hutan tropis dataran rendah yang tersebar di Pulau Kalimantan. Mereka biasanya mendiami hutan mangrove, rawa-rawa, atau di hutan di pinggiran sungai. Tentu saja, kami membuat exhibit yang semirip mungkin dengan habitat aslinya di Kalimantan," jelas Bongot.

Ia juga menyampaikan bahwa bekantan di wahana rekreasi tersebut dirawat dan diberi makan seperti di habitat aslinya. Satwa yang satu ini biasa memakan pucuk daun tanaman mangrove, ketapang, beringin, atau kaliandra. Bekantan juga memakan buah-buahan dan sayuran seperti apel, pisang, pir, jeruk, pepaya, kacang panjang, jagung, dan ubi.

"Sama seperti merawat satwa pada umumnya, pemberian pakan yang dimungkinkan seperti makanan di alamnya, berupa dedaunan dan buah-buahan, tempat untuk bermain dan menambahkan enrichment sehingga satwa dapat mengekspresikan perilaku normalnya seperti di alam liar serta pengecekan kesehatan secara berkala dan lain-lain," lanjutnya.


Secara fisik, bekantan memiliki keunikan tersendiri, yakni hidung besar dan perut yang buncit. Monyet ini juga memiliki perilaku unik yang berbeda dari monyet lainnya, yaitu bisa berenang. Bekantan juga lebih suka makan buah yang agak mentah lho.

"Perilaku unik dari bekantan adalah mereka terbiasa berenang untuk menghindari predator atau untuk menyeberangi sungai untuk mencari makanan. Mereka juga menghasilkan suara yang cukup keras ketika berkomunikasi atau memperingati kelompoknya akan bahaya yang datang," sambungnya.

Di Taman Safari Bogor, pengunjung bisa melihat langsung bekantan beserta perilaku uniknya. Sehingga kesadaran untuk menjaga kelestarian satwa yang satu ini pun bisa semakin meningkat.

"Dengan hadirnya bekantan diharapkan dapat mengenalkan pengunjung lebih dekat dengan satwa unik ini. Dengan hal tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesadaran pengunjung untuk ikut dalam pelestarian bekantan. Tujuannya sudah tentu untuk ikut dalam kegiatan konservasi bekantan dan mengedukasi masyarakat mengenai bekantan," tandas Bongot.

Penasaran kan dengan apa saja yang dilakukan bekantan sehari-hari? Jangan lupa pesan tiket masuk Taman Safari Bogor DI SINI ya. Cek promo-promo menariknya. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)
 
#TamanSafariIndonesia #TSIBogor
#FaktaUnikBekantan #BekantanIndonesia
#MonyetBekantan #SatwaLangkaIndonesia
#HargaTiketTSI #SafariMalamTSI
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top