Gebrakan Taman Safari Bogor Sulap Kotoran Gajah jadi Buku
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Mon - December 26, 2022 8:27 am  |  Article Hits:6386  |  A+ | a-
Poo paper dan Composting Taman Safari Bogor. (*)
Poo paper dan Composting Taman Safari Bogor. (*)
BOGOR- Tahukah Sahabat Satwa, Taman Safari Bogor benar-benar sangat menjaga konservasi dan kelestarian alam sekitar? Taman Safari ternyata juga mengolah limbah kotoran satwa di dalamnya untuk aneka jenis kerajinan dan barang-barang bermutu lho. Penasaran?

Limbah kotoran Gajah Sumatera yang ada di Taman Safari Bogor sebagian dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kompos dan paper poo berbentuk note book. Langkah ini diambil manajemen Taman Safari Bogor untuk menjaga kelestarian alam dan memanfaatkan limbah untuk mencetak rantai ekonomi baru yang pastinya sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.


“Poo paper dan composting dari kotoran Gajah Sumatera ini kami dirikan untuk memanfaatkan sekecil apa pun kotoran satwa. Sementara baru kotoran Gajah. Ke depan kami sedang menggalang kerja sama dengan Greenprosa untuk mengolah limbah organik dan anorganik,” ungkap General Manager (GM) Taman Safari Bogor, Emeraldo Parengkuan, Senin (26/12/2022).


Untuk menyulap kotoran Gajah Sumatera menjadi paper berbentuk note book hanya membutuhkan waktu 3 hari saja. Sementara untuk mengolah menjadi kompos membutuhkan waktu sekurangnya 3 bulan. Pemesan kompos juga berdatangan dari beragam daerah, Jabodetabek hingga luar Pulau Jawa. Sementara note book dari poo paper bisa dibeli di area stand souvenir Taman Safari Bogor.


Harga notebook dari kotoran gajah dibanderol Rp35 ribu per unit. Sementara untuk pupuk kompos dari kotoran gajah dibanderol Rp3 ribu per kilo gram atau Rp15 ribu per bungkus.

Poo paper ini dijalankan Taman Safari Bogor mulai medio 2012. Sementara untuk pembuatan pupuk kompos dijalankan mulai medio 1990. Lokasi pengolahan kotoran gajah ini berada di area dalam Taman Safari Bogor. Bai Sahabat Satwa yang ingin belajar bagaimana cara pengolahan kotoran gajah menjadi kertas bisa berkunjung ke Taman Safari Bogor.

Penasaran kan? Buruan segera pesan tiket masuk Taman Safari Bogor ya. Klik link pemesanannya DI SINI. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top