​Wildlife Conservation Day 2022: Jaga Bumi, Sayangi Satwa!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Sun - December 4, 2022 6:29 am  |  Article Hits:11319  |  A+ | a-
Penampakan satwa liar di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor. (*)
Penampakan satwa liar di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor. (*)
BOGOR- Hari Konservasi Kehidupan Liar Sedunia atau Wildlife Conservation Day selalu diperingati setiap 4 Desember. Peringatan tersebut dibentuk atas inisiatif mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton terhadap perburuan dan perdagangan liar pada fauna serta eksploitasi sumber daya alam (SDA) yang mengakibatkan kerusakan pada berbagai kekayaan alam dan keragaman hayati.

Kerusakan kekayaan alam juga mengancam keberlangsungan semua satwa liar. Hal ini dapat berakibat buruk pada ekosistem dan rantai makanan. Karenanya, dalam rangka memperingati Hari Konservasi Kehidupan Liar Sedunia, Pemerintah Indonesia mendorong seluruh masyarakat untuk tidak memelihara satwa liar, tidak membeli pajangan hewan langka hasil buruan, berdonasi untuk keberlangsungan konservasi, dan menjaga kelestarian hutan.

Selain itu, Sahabat Satwa juga bisa mengunjungi sejumlah kawasan konservasi yang telah dibuka sebagai destinasi wisata untuk umum. Salah satunya adalah Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor.
 
 
Sejak 2012, Hari Konservasi Kehidupan Liar Sedunia atau Wildlife Conservation Day terus diperingati oleh Sahabat Satwa dsari beragam penjuru dunia. Peringatan yang jatuh setiap tanggal 4 Desember ini dibuat untuk mengatasi masa global wildlife crime atau kejahatan satwa liar.

Kejahatan satwa liar merujuk pada pengambilan, perdagangan, mengimpor, mengekspor, mengolah, memiliki, memperoleh, dan mengkonsumsi fauna dan flora liar yang bertentangan dengan hukum nasional atau internasional.

Kejahatan terhadap satwa liar tidak hanya mengancam kelangsungan hidup sejumlah spesial karismatik dunia, namun juga dapat menghancurkan sumber daya alam yang menjadi sandaran ekonomi dan mata pencaharian nasional. Kondisi ini dapat mengganggu stabilitas kehidupan lainnya, seperti politik, ekonomi, SDA, hingga keamanan.


Cara Memperingati Hari Konservasi Kehidupan Liar se-Dunia

Hari Konservasi Kehidupan Liar se-Dunia biasanya diperingati dengan berbagai acara, misalnya seminar dan mengunjungi tempat penangkaran satwa-satwa liar ini.

Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor bisa menjadi opsi bagi Sahabat Satwa untuk belajar dan piknik sembari mengenal satwa-satwa apa saja yang kini terancam punah dan masuk dalam status dilindungi. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)
 

#TamanSafariIndonesia #TSIBogor 
#HariSatwaLiar #HariKehidupanLiar 
#WildlifeConservationDay #SahabatSatwa 
#PiknikBogor
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top