Taman Safari Indonesia Resmi Tutup International Animal Photo & Video Competition (IAPVC) 2022
By Editor Bogor
bogorpromo  |  Tue - November 15, 2022 2:31 am  |  Article Hits:434  |  A+ | a-
Pemenang IAPVC 2022, Taman Safari
Pemenang IAPVC 2022, Taman Safari
Jakarta, 13 November 2022 - Lembaga konservasi satwa terbesar di Indonesia Taman Safari Indonesia menyelenggarakan puncak penghargaan International Animal Photo & Video Competition (IAPVC) 2022 yang berlangsung di Jakarta Aquarium & Safari, Jakarta, Minggu (13/11). Penghargaan diberikan kepada 21 pemenang dari 8 kategori Online Photo and Video Competition IAPVC 2022 yang mengusung tema “Bring the Wildlife through your Lens.”
 
Pendaftaran dibuka mulai 11 Juni 2022 hingga 15 Oktober 2022. Selama lebih dari empat bulan pendaftaran, tercatat sebanyak 297 fotografer dan videografer nasional maupun internasional mengumpulkan karyanya. Periode kompetisi juga dibuka dengan rangkaian roadshow dan kompetisi pembuka di Taman Safari Indonesia Bogor, Bali Safari Marine Park, dan Taman Safari Indonesia II Jatim.
 
Chief Operating Officer Taman Safari Indonesia, Adrian Cecil menuturkan antusiasme peserta IAPVC terlihat dari beragam karya yang dikumpulkan, mulai dari potrait yang menggambarkan ekspresi satwa, foto momentum yang menangkap tingkah unik satwa, hingga foto satwa yang terancam punah sehingga bisa menjadi media edukasi bagi generasi masa depan.
 
"Peningkatan peserta menunjukkan bahwa alam beserta seluruh flora dan fauna yang ada di dalamnya senantiasa menjadi objek yang menarik bagi para seniman dalam mengabadikan gambar. Terlebih, teknik foto dan video satwa memiliki keunikan dan tantangannya tersendiri karena fotografer dan videografer juga dituntut untuk memahami perilaku satwa di alam bebas," kata Adrian di Jakarta Aquarium & Safari, Jakarta, Minggu (13/11).
 
Adrian menjelaskan konsep "Bring the Wildlife through Your Lens” pada IAPVC 2022 kali ini memiliki aspirasi untuk mengajak para seniman berkarya sekaligus membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam upaya pemantauan dan perlindungan kawasan konservasi satwa. Hal ini selaras dengan semangat Taman Safari Indonesia untuk membangkitkan niat melestarikan satwa dalam satu kawasan alami lembaga konservasi.
 
Terdapat tujuh juri yang berpartisipasi dalam rangkaian acara IAPVC 2022, yakni fotografer Arbain Rambey, fotografer spesialis wisata Setiadi Darmawan, kreator konten kreatif Martin Nugraha, fotografer spesialis alam liar Regina Septiarini Safri, dan Digital Marketing Executive & Event Officer Canon PT Datascrip Jovan Engelbrecht. Fotografer spesialis alam liar lainnya yakni Yuyun Anwar serta fotografer spesialis wisata Ranar Pradipto.
 
Ranar Pradipto mengatakan pengalamannya menjadi salah satu juri IAPVC 2022 ini cukup menantang karena foto dan video peserta yang sangat variatif. Terlebih, para peserta banyak mengaplikasikan teknik fotografi satwa yang unik.
 
“Seperti misalnya foto ‘Birding’ yang menggunakan teknik panning. Video yang masuk juga beragam, memiliki konsep lucu dan edukatif, sehingga membuat para juri kesulitan menentukan pilihan pemenangnya,” kata Ranar.
 
Ranar menambahkan, para juri memilih pemenang berdasarkan momen yang berhasil ditangkap kamera, interaksi satwa, serta komposisi gambar yang mempengaruhi struktur visual yang dihasilkan. “Dari foto yang ditampilkan, saya mencoba ikut membayangkan dan merasakan bagaimana para peserta mengabadikan sebuah gambar. Semakin sabar menunggu, biasanya menghasilkan foto yang lebih baik,” ujarnya.
 
Adapun daftar nama pemenang IAPVC 2022 adalah sebagai berikut:
 
No Kategori Tingkat Juara Nama Satwa
1 Photo General Juara 1 Komang Arnawa Gajah
2 Juara 2 Endra Agustianto Rusa
3 Juara 3 Hendra Pemana Ubur-ubur
4 Endangered Animal Juara 1 Aprison Macan Tutul Jawa
5 Juara 2 Gerdie Hutomo Nurhadi Orang utan
6 Juara 3 Anak Agung Ngurah Gede Yudiantara Jalak Bali
7 Photo Essay Juara 1 Adhitiya Wibhawa Otter
8 Juara 2 Tan Josua Victor Tanugerah Harimau
9 Juara 3 Astadi Priyanto Beruang Cokelat
10 Social Media Juara 1 I Ketut Raka Bujangga Angsa Hitam
11 Juara 2 Hiapy Surya Kusuma Ubur-ubur
12 Juara 3 Abemotomoto - Antonyus Ubur-ubur
13 Short Movie Juara 1 Juniadi Ashari Thiu (June Thio) -
14 Juara 2 Wafdan -
15 Juara 3 Akhmad Firdaus -
16 Most Emotional Photo I Wayan Gede Supartha Harimau
17 Video Mairel Theafila Eirene -
18 Most Education Photo Handoko Siamang
19 Video Nadhiffa Azzura -
20 Most Comedy Photo Julius Tamtomo Gunawan Mandrill
21 Video Joshua Michael Nainggolan -
 
Dengan demikian, para pemenang berhak untuk mendapatkan hadiah berupa uang tunai lebih dari Rp150 juta, serta hadiah menarik lainnya seperti Canon EOS R6 dan Canon EOS R, saldo e-wallet OVO, dan voucher Park & Hotel Taman Safari Indonesia.
 
Adrian berharap rangkaian kompetisi IAPVC selanjutnya dapat senantiasa menjadi sarana edukasi perkenalan jenis satwa kepada masyarakat melalui karya visual, sekaligus menumbuhkan rasa kecintaan terhadap alam.
 
"Semoga penyelenggaraan IAPVC oleh Taman Safari Indonesia mampu menggairahkan kepedulian masyarakat terhadap perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan satwa nasional, serta keanekaragaman hayati tempat mereka bernaung. Kompetisi seperti ini juga diharapkan mampu memperkenalkan Indonesia sebagai salah satu negara megabiodiversity di dunia kepada khalayak internasional," ujar Adrian menutup acara.
 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top