“ Taman Safari Indonesia mendapat Lifetime Achievement Award pada Acara Hari Jadi Kota Bogor ke - 540 tahun”
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Sun - July 17, 2022 6:40 am  |  Article Hits:11337  |  A+ | a-
General Manager Taman Safari Bogor menerima Life Time Achievement Award dari PLT Gurbernur Bogor
General Manager Taman Safari Bogor menerima Life Time Achievement Award dari PLT Gurbernur Bogor

Lifetime Achievement Award Taman Safari Indonesia pada Acara Hari Jadi Kota Bogor ke - 540 tahunTaman Safari Indonesia Bogor yang terletak di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dibangun pada tahun 1986 pada sebuah perkebunan kina yang sudah tidak produktif lagi seluas 50 hektare dan memperluas areanya hingga 168 hektare.
Taman Safari Indonesia Bogor ditetapkan sebagai Objek Wisata Nasional oleh Bapak Soesilo Soedarman, Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi pada 1988 dan diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Bapak Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada tanggal 16 Maret 1990. 

Pada tahun 1979, bermula dari langkah kecil mendirikan hotel yang di lengkapi taman satwa dengan tujuan agar masyarakat bisa mencintai satwa dan memberikan edukasi terhadap konservasi. Dilanjutkan dengan mendirikan Pusat Pelatihan Gajah di Indonesia pada Tahun 1982, yang bertujuan untuk melindungi populasi gajah dari kepunahan.
Taman Safari Indonesia Bogor adalah Taman hiburan edukasi berbasis konservasi satwa yang terdepan di dunia dan menginspirasi pelestarian alam yang memiliki 4 pilar utama yaitu Conservation, Education, Reaserch, and Recreation. Membuktikan kontribusi di bidang reaserch dengan mendirikan Rumah sakit satwa terbesar di Asia dan menjadi pusat ilmu penemuan utamnya satwa endemik Indonesia, salah satunya adalah bank sperma harimau sumatera yang sudah terancam punah. Taman Safari Indonesia Bogor sebagai pelopor dalam konservasi dan taman rekreasi yang berkonsep Modern Zoo dan mampu membawa Indonesia di akui Dunia. Serta menjadi lembaga konservasi ex-situ dan objek wisata nasional yang terkenal di Mancanegara. Atas keberhasilnya Taman Safari Indonesia Bogor memperoleh akreditasi nasional dan internasional sebagai lembaga konservasi ex-situ terbaik di Indonesia untuk pengelolaan satwa liar dan infrastruktur pendukungnya. Saat ini, Taman Safari Indonesia Bogor bertekad untuk melanjutkan upayanya untuk terus menjadi lembaga konservasi, pendidikan dan rekreasi yang telah diakui dunia.

Penghargaan Nasional yang berhasil diraih Taman Safari Indonesia :
1. 1989 – Obyek Wisata Nasional
2. 1990 – Lembaga Konservasi Ex-Situ
3. 1990 – Pusat Penangkaran Satwa Liar
4. 2002 – Kalpataru
5. 2004 – Inovasi Kepariwisataan Indonesia
6. 2006 – Satya Lancana Pembangunan
7. 2008 – Bintang Jasa Utama
8. 2011 – Satya Lancana Pembangunan
9. 2017 – Anugerah Kawistara
 
Penghargaan Internasional yang berhasil di raih Taman Safari Indonesia  :

1. 2017 GIANT PANDA GLOBAL AWARD (Kategori Penggerak Program Konservasi Panda Dunia dan Favorite Panda Outside of china)
 
2. 2018 GIANT PANDA GLOBAL AWARD (Kategori Most Educational Panda Zoo Enclouser, Favorite Panda Zoo Restaurant, Favorite Panda oustside of china)
 
Dengan berbagai penghargaan diatas, dan visi misi serta atas apa yang sudah dilakukan oleh Taman Safari Indonesia Bogor selama ini, serta memberikan kontribusi terbesar untuk jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor dan Pendapatan Asli Daerah melalui Pajak Hiburan maka selayaknya Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan penghargaan khusus. Dengan bangga kami umumkan Taman Safari Indonesia Bogor sebagai penerima  Lifetime Achievement Awards pada ulang tahun Kota Bogor yang Ke- 540 tahun. Semoga penghargaan ini dapat semakin memotivasi Taman Safari Indonesia Bogor dalam menwujudkan visi dan misinya, serta terus bekontribusi terhadap kemajuan Pariwisata di Indonesia terutama di Kabupaten Bogor.
 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top