PT Antam Tbk. UBPP Logam Mulia Program Pelestarian Banteng Jawa di Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia ”
By hafiena
bogorpromo  |  Thu - June 30, 2022 10:02 am  |  Article Hits:461  |  A+ | a-
Uci (banteng betina) & anaknya bukti keberhasilan Inseminasi Buatan (IB) di Taman Safari Indonesia
Uci (banteng betina) & anaknya bukti keberhasilan Inseminasi Buatan (IB) di Taman Safari Indonesia
Memiliki kepedulian terhadap masa depan satwa endemik Indonesia yang terancam punah ditunjukan oleh PT Antam Tbk. UBPP Logam Mulia dengan mendukung program yang sudah dijalankan oleh Taman Safari Indonesia. PT Antam Tbk. UBPP Logam Mulia tertarik untuk bergabung dan mendukung program pelestarian banteng jawa (bos javanicus) bukan tanpa alasan, karena banteng jawa merupakan satwa langka dan dilindungi, menurut IUCN /SSC Asian Wild Cattle Specialist Group bahwa status konservasi Banteng jawa Endangered species (terancam punah).
 
Projek yang dilakukan Taman Safari Indonesia diantaranya penelitian meliputi pengembangan preservasi semen banteng untuk meningkatkan genetik Banteng jawa melalui tekhnologi Inseminasi Buatan (IB). Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan inseminasi buatan yaitu dengan asupan  pakan bagi satwa. Dalam hal ini PT Antam Tbk. UBPP Logam Mulia mendunkung dengan memberikan donasi bagi pakan Banteng Jawa. 
Dengan partisi aktif dari PT Antam Tbk. UBPP Logam Mulia, diharapkan dapat menghasilkan semen yang berkualitas dengan begitu hampir pasti dapat membuahi sel telur dari betina penerima.  kebutuhan protein, vitamin dan mineral pada ternak jantan harus terpenuhi (Yendraliza, 2008). Bantuan pakan bertujuan agar banteng jawa mendapatkan asupan makan dan nutrisi yang lebih lengkap. Beberapa bahan sengaja ditambahkan kedalam asupan pakan banteng jawa seperti penambahan, vitamin E, multivitamin dan mineral serta campuran sayuran. Selain itu, juga menambahkan daun kaliandra guna menambah keragaman jenis hijauan. Dengan proses tersebut diharapkan dapat mensukseskan Inseminasi Buatan (IB) yang di lakukan Taman Safari Indonesia dan dapat menambah populasi banteng jawa dan mempertahankan satwa endemik Indonesia.
 
Partisipasi aktif PT Antam Tbk. UBPP Logam Mulia pada Taman Safari Indonesia bukan untuk yang pertama kalinya sebelumnya juga berpartisipasi dalam perbaikan kualitas semen banteng jawa. Hal itu menjadi bukti bahwa pelestarian satwa endemik harus menjadi tanggung jawab kita bersama. Karena satwa yang punah tidak akan tercipta kembali. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi lebih banyak lagi perusahaan, lembaga, komunitas dan seluruh lapisan masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam program yang dilakukan Lembaga Konservasi Taman Safari Indonesia. 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top