Sambut Tahun Metal Ox, Taman Safari Prigen Ajak Pengunjung Berkenalan dengan Banteng Jawa
By Hanin
IND  |  Tue - February 23, 2021 2:43 am  |  Article Hits:1603  |  A+ | a-
Ada yang istimewa di tahun baru Imlek 2572 yang jatuh pada Jumat, 12 Februari 2021 ini di Taman Safari Prigen. Selain ornamen dan pernak-pernik Imlek dipasang di tiap sudut area, ada satwa yang akan diperkenalkan lebih dekat kepada pengunjung.

Imlek tahun ini memang sangat berbeda dengan perayaan Imlek di tahun-tahun sebelumnya. Sebab, virus Covid-19 masih menjadi ancaman nyata bagi masyarakat. Oleh karena itu, perayaan Imlek di Taman Safari Prigen sebenarnya berlangsung secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

“Jadi kami lebih menonjolkan presentasi edukasi yang menampilkan satwa Banteng Jawa, sebagai salah satu satwa endemik Indonesia. Kami juga memiliki Jaliting, yakni satwa hasil persilangan antara Banteng Jawa dan Sapi Bali. Kami ingin pengunjung dapat mengenal lebih dekat dengan Banteng Jawa dan Jaliteng, karena sebagai perwujudan dari tahun Metal Ox atau kerbau logam pada Imlek kali ini,” jelas Diaz Yonadie, General Manager Taman Safari Prigen.

Pengunjung dapat melihat langsung dari dekat Banteng Jawa dan Jaliteng. keeper (perawat satwa) akan menjelaskan tentang seluk-beluk Banteng Jawa tersebut. Bahkan, para pengunjung dapat langsung bertanya kepada sang keeper. Melalui acara bertajuk Keeper Talk ini, banyak pengetahuan tentang satwa yang bisa didapat oleh pengunjung.

Pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai hiasan Imlek yang dominan berwarna merah. Dengan begitu, pengunjung seolah-olah berada di negeri Tiongkok. Terlebih lagi, ditambah suasana nan sejuk khas Pegunungan Arjuno, Jawa Timur dan kehadiran ratusan jenis spesies satwa yang ada di Taman Safari Prigen.  

Ada pula Edu Corner, cocok bagi pengunjung anak-anak yang ingin menggali segala informasi tentang satwa dan habitatnya. “Yang pasti kami ingin mengedukasi masyarakat tentang betapa pentingnya konservasi satwa-satwa yang terancam punah, terutama satwa endemik Indonesia seperti Banteng Jawa,” ungkap Diaz Yonadie.

Tak hanya melulu soal edukasi satwa, Taman Safari Prigen juga memberikan hadiah menarik melalui pohon angpao. Jika ada pengunjung yang menjawab kuis dari keeper dengan benar, maka hadiahnya ada di dalam angpao yang digantung di atas pohon. Rangkaian acara Imlek ini berlangsung pada akhir pekan ini, sejak Jumat (12/2) hingga Minggu (14/2).

Tentu saja, Taman Safari Prigen menerapkan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Setiap pengunjung diwajibkan untuk melakukan 3M (memakai masker, manjaga jarak, dan mencuci tangan) selama berada di area Taman Safari Prigen. Jika ada pelanggaran yang dilakukan pengunjung, maka tak segan-segan karyawan internal yang didapuk sebagai Satuan Petugas Covid-19 akan menegur pengunjung tersebut.

“Jadi, kami mohon kepada masyarakat yang ingin berkunjung ke unit Taman Safari Indonesia (TSI) Group agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang kami terapkan. Ini semua demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Jadi ayo #timetosafari dengan protokol kesehatan!” ungkap Daniel Thian, Head of Digital Marketing Taman Safari Indonesia (TSI) Group.
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top