Lima Fakta Unik tentang Satwa yang Wajib Anda Ketahui! (2)
By Fajar
IND  |  Mon - February 10, 2020 3:02 am  |  Article Hits:83  |  A+ | a-
Tiap satwa memiliki keunikannya masing-masing. Bahkan, satu spesies satwa bisa memiliki beberapa keunikan. Jadi, bayangkan ada berapa banyak keunikan dari seluruh satwa yang ada di dunia! Berikut, sebagian contoh kecil keunikan satwa yang mungkin belum diketahui banyak orang:





Kucing tidak dapat mengenali rasa manis


Kucing, termasuk kucing besar seperti harimau, singa, dan sejenisnya tidak suka dengan makanan atau minuman manis. Sebab, lidah mereka tidak dapat mengenali rasa manis. Mengonsumsi makanan atau minuman manis justru akan membuat kucing alergi dan muntah. Bahkan, bisa menderita diabetes.

Babi tidak berkeringat


Babi tidak dapat mengeluarkan keringat, karena tidak memiliki kelenjar keringat. Seperti diketahui, keringat merupakan cara agar satwa berdarah panas tetap dingin. Karena babi tidak berkeringat, maka mereka seringkali berguling-guling di lumpur agar suhu tubuhnya tetap dingin.

Kuda nil buang angin lewat mulut


Jika Anda berkunjung ke Taman Safari Indonesia (TSI) dan melewati exhibit kuda nil, lalu mendengar suara keras yang muncul dari mulut, bisa jadi kuda nil tersebut sedang buang angin (kentut). Kenapa bisa begitu, ya? Sebab, lubang pada struktur pencernaan kuda nil cukup sempit. Sedangkan, rongga perut kuda nil berukuran besar. Oleh karena itu, gas dari sistem pencernaannya dikeluarkan kembali lewat mulut.

Penguin adalah satu-satunya burung yang tidak bisa terbang, tapi bisa berenang


Tidak seperti unggas atau burung lainnya, penguin sama sekali tak bisa terbang. Meski tak bisa terbang, penguin punya kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh spesies burung lainnya, yakni berenang dengan gesit dan lincah. Ada sekitar 26 spesies penguin yang semuanya pintar berenang. Dengan bantuan otot dada yang kuat dan sayap yang kokoh, mereka dapat berenang hingga kecepatan 22 mil/jam.

Panda bisa tertidur di mana saja


Jika Anda pernah mengunjungi Cai Tao dan Hu Chun di Istana Panda, Taman Safari Bogor, coba ingat kembali bagaimana perilaku mereka saat tidur. Ya, panda bisa tertidur di manapun dan dalam posisi apapun. Beda halnya, dengan anjing atau kucing yang selalu mencari tempat nyaman untuk tidur. Sebab, panda memang tipe satwa yang sangat mudah tertidur. (FJR)     
 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top