Lima Fakta Unik tentang Satwa yang Wajib Anda Ketahui! (1)
By editor
IND  |  Thu - January 30, 2020 8:55 am  |  Article Hits:11554  |  A+ | a-





Ada sekitar 7,7 juta spesies satwa di dunia. Masing-masing spesies tersebut punya keunikannya masing-masing. Bahkan, sebagian besar dari kita mungkin belum banyak tahu tentang keunikan-keunikan itu.Yuk, kita simak keunikan-keunikan satwa berikut ini;






Corak belang zebra tak ada yang sama


Corak hitam putih pada zebra ternyata seperti sidik jari manusia. Corak antara satu zebra dengan zebra lain tak ada yang sama. Sehingga, itu menjadi identitas seekor zebra agar bisa dikenali oleh zebra lainnya. Motif belang satwa asli Afrika ini berguna untuk berkamuflase dari ancaman satwa predator.
 
Keringat kuda nil berwarna merah jambu


Jika Anda berkunjung ke Taman Safari Indonesia, dan melihat kuda nil dari dekat, maka nampak sebagian kulit kuda nil yang berwarna merah jambu atau pink. Itu artinya mereka sedang berkeringat. Sebab, keringat kuda nli memang berwarna pink, yang berguna sebagai tabir surya alami sekaligus membantu mempercepat pemulihan luka akibat terkena sinar matahari. 

Kotoran wombat berbentuk kubus


Selain kanguru dan koala, Australia juga memiliki satwa khas lainnya yang tak kalah menggemaskan, yakni wombat. Yang unik dari satwa pengerat berbobot 40 kg ini adalah kotorannya yang berbentuk kubus. Menurut para ahli, berbentuk kubus agar kotorannya bisa ditumpuk di atas batu atau kayu dan tidak menggelinding. Sebab, kotoran tersebut menjadi penanda teritori si wombat. 

Jerapah hanya tidur 30 menit sehari


Beda halnya dengan manusia, jerapah (Giraffa camelopardalis hanya membutuhkan waktu tidur sebentar saja. Ia tidur tak lebih dari 30 menit dalam sehari. Pose tidurnya pun cukup unik, lho. Kepala dan lehernya akan bertumpu pada bagian tubuh bagian belakang. Pose ini memudahkan mereka untuk menyelamatkan diri jika ada serangan dari predator. 

Gajah punya daya ingat yang kuat


Selain tubuhnya yang besar, ternyata gajah juga memiliki otak berukuran besar. Dengan otak seberat sekitar 5 kg, gajah punya daya ingat yang cukup kuat. Seekor gajah bisa mengingat gajah lain atau manusia, meski sudah bertahun-tahun tak berjumpa. Bahkan, gajah juga tergolong satwa cerdas. Di saat satwa lain menganggap pantulan mereka di cermin sebagai satwa yang berbeda, gajah justru mampu mengenali diri mereka sendiri, lho! (FJR)
 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top