Monyet yang Terluka itu Akhirnya Berhasil Diobati!
By Fajar
IND  |  Mon - January 6, 2020 7:35 am  |  Article Hits:316  |  A+ | a-
Pekan lalu, foto monyet ekor panjang yang terluka di tangannya sempat menjadi viral. Menurut salah satu pengunjung yang berhasil mengabadikan foto itu, Monyet Ekor Panjang (Macaca Fascicularis) yang terluka tersebut berada di area Taman Safari Bogor.
Maka berikut adalah klarifikasi resmi dari Taman Safari Indonesia;
  1. Monyet Ekor Panjang tersebut adalah satwa liar yang habitat aslinya berada di lereng Gunung Pangrango, tak jauh dari lokasi Taman Safari Bogor.
  2. Tak sedikit Monyet Ekor Panjang yang masuk ke area Taman Safari Bogor untuk mencari makan. Mereka diperlakukan dengan baik oleh para keeper dan pengunjung Safari Journey, area di mana mereka biasanya berkeliaran. 
  3. Kami, pihak Taman Safari Bogor pun belum dapat memastikan keberadaan Monyet Ekor Panjang yang terluka tersebut, apakah masih berada di area Taman Safari Bogor atau tidak.
  4. Untuk itu, pagi ini kami tengah berusaha mencari keberadaannya, agar bisa ditangani secara medis. Macaca fasicularis liar di sekitar TSI adalah bagian yuridiksi dari BKSDA, oleh karenanya kami akan berkoordinasi juga terkait penanganan ini.
  5. Kami juga belum dapat memastikan penyebab luka di tangan Monyet Ekor Panjang itu. Beberapa faktor yang mungkin terjadi adalah berkelahi antar sesama ataupun predasi, mengingat Gunung Gede Pangrango juga merupakan habitat bagi  predator monyet ekor panjang seperti macan tutul Jawa.
  6. Kami sangat berterima kasih atas peran serta Anda semua yang melaporkan kejadian ini. Berkat peran aktif Anda, program konservasi yang kami upayakan selama ini dapat berjalan dengan baik.
UPDATE TERBARU
  1. Kami telah berhasil menemukan Monyet Ekor Panjang yang terluka pada Sabtu (4/1) lalu pukul 16.10 WIB. Satwa khas Gunung Pangrango ini langsung mendapatkan penanganan medis.
  2. Monyet tersebut lantas dirawat di rumah sakit satwa Taman Safari Bogor hingga sembuh. Jika telah sembuh, kami akan melepasliarkan ke habitat aslinya.
  3. Terima kasih telah mendukung penuh program konservasi Taman Safari Indonesia.  
Salam Lestari!
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top