Menikmati Keindahan Pantai Sigandu di Batang Dolphins Center
By Fajar
IND  |  Mon - November 25, 2019 3:11 am  |  Article Hits:332  |  A+ | a-
Bosan berlibur di perbukitan atau pegunungan? Tenang saja, Anda bisa berekreasi membawa keluarga sambil menikmati indahnya Pantai Sigandu di kawasan Batang Dolphins Center (BDC), Jawa Tengah.

Berbeda dengan unit-unit Taman Safari Indonesia (TSI) Group lainnya yang menawarkan pemandangan bukit dan gunung, BDC justru menghadirkan keindahan pesisir pantai. Ya, BDC yang terletak di Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Jawa Tengah ini tak hanya menjadi tempat rekreasi semata. BDC juga dikenal sebagai salah satu spot favorit untuk menikmati pemandangan matahari tenggelam di ujung pantai.

Tak heran, hampir setiap sore tiba kawasan BDC yang berlokasi persis di tepi Pantai Sigandu selalu dipenuhi oleh masyarakat. Apa lagi saat akhir pekan. Mereka biasanya menunggu detik-detik matahari tenggelam, dengan semburat warna jingga terpancar di langit. “Di sini memang menjadi favorit orang untuk menikmati pantai sambil melihat panorama matahari tenggelam,” ujar Danu, Manajer Operasional BDC.

Menurut Danu, biasanya pengunjung berekreasi terlebih dahulu di BDC sebelum mengakhiri hari dengan menikmati pemandangan sunset. Di BDC sendiri, para pengunjung dapat berkenalan dengan aneka jenis satwa dan menikmati berbagai wahana permainan menarik. Tak hanya itu saja, pengunjung juga bisa menyaksikan program penangkaran dan pelatihan dolphin atau lumba-lumba.

Dengan menebus harga tiket Rp 30 ribu (akhir pekan Rp 40 ribu), pengunjung bisa menikmati beberapa macam pertunjukkan, sekaligus piknik di tepi Pantai Sigandu. Sangat terjangkau untuk sekadar istirahat dari rutinitas sehari-hari. Selain kesenangan, pengunjung pun bisa menggali banyak pengetahuan di BDC. Sebab, pada setiap exhibit satwa ada papan bertuliskan pengetahuan tentang satwa-satwa tersebut. “Banyak anak sekolah yang berkunjung ke sini, untuk mendapatkan banyak pengetahuan soal satwa,” tutur Danu.

Selepas lelah berkeliling BDC, waktunya beristirahat duduk di atas pasir halus Pantai Sigandu. Di sini, disediakan saung-saung untuk sekadar duduk-duduk santai sambil menyeruput minuman dingin atau es kelapa. Ada pula spot-spot di tepi pantai yang dibuat khusus untuk berfoto. Cukup diabadikan dan unggah di akun media sosial.

Dengan perpaduan antara pesona pantai dan rekreasi satwa, BDC menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Bahkan, BDC mampu menjadi ikon kota Batang. “Wisatawan yang biasanya berlibur ke Batang, pasti selalu berkunjung ke Batang Dolphins Center,” aku Danu. Jadi, jika Anda tengah berlibur ke Batang, mampirlah ke BDC dan nikmati pemandangan Pantai Sigandu yang memesona. (fjr/tsi)
Top