​Ayang Kamu Bisa Se-Romantis Satwa Ini? Yuk, adu kesetiaan!
By Editor Prigen
prigenpromo  |  Fri - November 17, 2023 7:01 am  |  Article Hits:228  |  A+ | a-
Tahukah kamu jika ada satwa yang terkenal sebagai satwa romantis lho. Satwa ini hanya memiliki satu pasangan sekali seumur hidupnya. Selain itu, ia juga mengasuh anaknya secara bergantian. Waw! Saling Kerjasama dalam rumah tangga ya, Sahabat Satwa!. 

Satwa unik tersebut adalah burung Rangkong atau sering disebut dengan burung Enggang. Burung yang memiliki bentuk paruh besar bisa ditemukan di Afrika dan Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Bahkan burung ini dianggap sebagai burung sacral oleh suku Dayak, Kalimantan.


Dikenal sebagai 
satwa yang setia

Burung Rangkong adalah salah satu spesies yang memiliki sifat monogami yang artinya hanya punya satu pasangan seumur hidupnya. Saat pasangannya mati, maka pasangan yang ditinggalkan tidak akan kawin lagi.
Hal inilah yang menjadikan burung Rangkong dikenal sebagai burung yang setia yang tentunya berbeda dengan jenis burung lain yang suka berganti pasangan.

Bukti kesetiaan lainnya adalah ketika rangkong betina bertelur dan telur tersebut sudah dikumpulkan dan siap untuk dierami. Rangkong betina akan menetap di lubang pohon yang sarangnya telah ditutupi oleh lumpur.
Selama proses tersebut yang diketahui kurang lebih empat bulan lamanya, rangkong jantan akan ikut menemani rangkong betina dan tetap memberikan makanan di dalam lubang yang sempit itu. 

Persebaran burung Rangkong

Burung Rangkong saat ini terdapat kurang lebih 62 spesies yang tersebar di seluruh dunia dengan rincian sekitar 30 spesies bisa dijumpai di wilayah Afrika dan sekitar 32 spesies di wilayah Asia.

Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki 13 jenis Rangkong. Bahkan, 3 di antara jenis Rangkong ini diketahui sebagai spesies endemik, yaitu Julang Sulawesi (Rhyticeros cassidix), Kangkareng Sulawesi (Rhabdotorrhinus exarhatus), dan Julang Sumba (Rhyticeros everetti).
Untuk persebarannya di Indonesia, yaitu di Sumatera dengan 9 spesies, Kalimantan 8 spesies, 4 spesies di wilayah Wallace, Papua dan Jawa sebanyak 3 spesies.

Usianya mencapai 70 tahun

Kesetiaan dari Burung Rangkong terhadap pasangan hidupnya itu berlangsung selama kurang lebih 70 tahun lamanya. Burung Rangkong ini rupanya bisa hidup hingga 70 tahun di alam liar. Hal ini tentu berbeda jika burung Rangkong berada dalam penangkaran, yang kemungkinan usia hidupnya tidak bisa mencapai usia tersebut.

Bagi Sahabat Satwa yang ingin bertemu satwa ini, kamu bisa menemuinya di Panggung Burung di Kawasan Baby Zoo ya. Jangan lupa untuk selalu upload content kamu di sosmed dan tag ke akun kami di Instagram @tamansafari.prigen ya! 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top