Roadshow IAPC 2019: Explore the Largest Safari Park in Asia, Taman Safari Prigen
By editor
IND  |  Mon - October 14, 2019 8:55 am  |  Article Hits:13753  |  A+ | a-
Tiba saatnya roadshow terakhir dalam rangkaian lomba foto satwa terbesar dan paling bergengsi, International Animal Photo Competition (IAPC) 2019 di Taman Safari Prigen. Berlokasi di Taman Safari terluas di Asia, para peserta tentunya akan menghadapi tantangan dan pengalaman seru sekaligus menyenangkan.

Lebih dari 150 peserta nampak antusias mengantre di dekat pintu gerbang Taman Safari Prigen. Padahal baru beberapa saat lalu, matahari menampakkan sinarnya. Kebanyakan dari mereka membawa tas berukuran cukup besar. Di dalamnya, tentu saja ‘senjata’ andalan yang digunakan untuk berburu satwa. Jangan salah sangka dulu, mereka adalah fotografer yang hendak berburu foto satwa di Taman Safari Prigen. Selain demi mengejar total hadiah jutaan Rupiah, para peserta ini juga punya alasan mulia, yakni mendukung program konservasi satwa.

Sebelum datang ke Taman Safari Prigen, para peserta telah mendaftar dan membayar biaya pendaftaran di aplikasi LinkAja seharga Rp 100 ribu (bonus cashback Rp 25 ribu). Lalu pada hari ini, Sabtu, 12 Oktober 2019, mereka berbondong-bondong menunjukkan bukti pembayaran untuk mendapatkan akses masuk dan mengikuti rangkaian acara IAPC 2019 di Taman Safari Prigen. “Mereka semua adalah pecinta fotografi yang mendukung konservasi satwa,” ujar Hans Manansang, Deputy Director Taman Safari Indonesia (TSI) Group sekaligus Ketua Penyelenggara IAPC 2019.

Tak hanya diajak untuk berburu foto model dan satwa, para peserta juga diajak untuk mengenal lebih lanjut tentang program konservasi yang dilakukan di Taman Safari Prigen. Termasuk bukti keberhasilan breeding satwa yang patut dibanggakan. “Sehingga para peserta jadi banyak tahu tentang apa itu konservasi satwa. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang peduli terhadap satwa-satwa, termasuk satwa endemik Indonesia,” tutur Hans Manansang.

Di akhir acara, para peserta wajib mengumpulkan hasil jepretan mereka kepada panita. Dari situ, juri akan menilai karya foto mana yang berhak menjadi pemenang. Bakal ada 6 pemenang yang dipilih untuk gelaran IAPC ke-29 kalinya ini. Para pemenang ini berhak mendapatkan sejumlah uang dan produk-produk Canon. IAPC 2019 sendiri bisa terselenggara dengan baik berkat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Canon, LinkAja, dan id-Photographer, sebuah komunitas fotografer.

Melalui hasil karya foto-foto itulah, Taman Safari Prigen sebagai bagian dari TSI Group mencoba untuk mengirimkan pesan kepada masyarakat, betapa pentingnya perlindungan dan penyelamatan satwa-satwa langka. Sebab, dari jepretan foto tersebut, dapat terlihat bagaimana ekspresi dan tingkah laku satwa yang mungkin saja akan hilang untuk selamanya, jika kita tidak peduli sama sekali terhadap mereka. “Taman Safari Indonesia Group tidak bisa bekerja sendiri dalam melindungi satwa-satwa langka, tanpa bantuan dari masyarakat luas, termasuk salah satunya adalah para penggiat fotografi,” kata Hans Manansang. (fjr/tsi)
Top