Begini Cara Menimbang Gajah Sumatera di Taman Safari Prigen
By Fajar
IND  |  Tue - September 24, 2019 4:04 am  |  Article Hits:387  |  A+ | a-
Sama seperti manusia, tubuh satwa juga butuh ditimbang untuk mengetahui lebih jauh tentang kondisi kesehatannya. Tapi tentunya tidak memakai timbangan buat manusia, dong. Ada timbangan khusus untuk mamalia terbesar di dunia ini.

Sebelum proses penimbangan gajah berlangsung, biasanya si gajah akan diarahkan untuk menuju lokasi penimbangan. Tentu saja dengan didampingi oleh si keeper, yang mengarahkan jalan menuju tempat timbangan. Si gajah pun sudah terbiasa dengan penimbangan berat badan ini. Sebab, penimbangan dilakukan rutin tiap bulan. “Dilakukan setiap bulan untuk mengetahui kondisi kesehatannya, apakah baik atau buruk,” ujar Dzul Abidin, salah satu keeper gajah.

Menurut Dzul, peningkatan berat badan juga bisa menandakan apakah gajah betina hamil atau tidak. Jika ada peningkatan berat badan yang cukup signifikan, maka ada dugaan gajah itu hamil. Tentunya, dengan dilanjutkan pemeriksaan lebih detail oleh dokter hewan.

Setelah diarahkan ke mesin timbangan, si gajah akan diminta untuk naik ke atas timbangan. Setelah berdiri di atas timbangan, layar akan menunjukkan angka berat dari si gajah. Tampilan angka akan terus bergerak, sebelum berhenti di angka yang pasti. Jika sudah muncul angka pasti, maka itulah berat badan si gajah. Keeper lantas melaporkan berat badan dari seluruh gajah di Taman Safari Prigen tiap bulan. Dokter hewan lalu menilai kesehatan gajah dari berat badan tersebut.

Perlu diketahui, berat gajah Sumatera betina dewasa berkisar antara 2-3,5 ton. Sedangkan berat gajah Sumatera jantan dewasa antara 3,5-5 ton. “Untuk gajah betina yang sedang hamil biasanya kenaikan beratnya antara 60-70 kg tiap bulan,” tutur Dzul.
 
Jika ada gajah yang berat badannya terlalu gemuk atau terlalu kurus, maka dokter hewan akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebabnya. Pemeriksaan sendiri bisa melalui kotoran ataupun cek darah. Dari situlah, bisa dilihat hasilnya. Dengan begitu, dokter hewan di Taman Safari Prigen bisa mengambil tindakan yang tepat sesuai kondisi satwa. Jadi, penimbangan gajah atau satwa lainnya itu cukup penting, loh. (fjr/tsi)
Top