Taman Safari Bogor Ajak Media Massa Galang Gerakan Peduli Konservasi Alam dan Cinta Satwa
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Tue - February 14, 2023 3:08 pm  |  Article Hits:1642  |  A+ | a-
Media visit Marcom and PR Taman Safari Bogor ke media massa di regional Bogor Raya. (*)
Media visit Marcom and PR Taman Safari Bogor ke media massa di regional Bogor Raya. (*)
BOGOR- Taman Safari Bogor tak henti-hentinya menggalang dukungan ke seluruh entitas di Tanah Air untuk memacu gerakan peduli konservasi alam dan cinta satwa, khususnya satwa-satwa di Indonesia. Untuk menumbuhkan dan menggalang gerakan cinta alam dan satwa ini, Taman Safari Bogor melakukan media visit ke sejumlah kantor berita di Regional Bogor Raya.

Di antara kantor media massa lokal dan regional yang dikunjungi yakni Surat Kabar Harian Radar Bogor (Jawa Pos Group), Surat Kabar Harian Metropolitan (Jawa Pos Group), Portal Berita Pojoksatu.id (Jawa Pos Group), Surat Kabar Harian Pakuan Raya dan Portal Berita Tribunnews (Kompas Group).


“Meski sosial media telah tumbuh pesat di era post-truth, tetap saja media massa masih menjadi core information dan stimulan bagi gerakan publik. Taman Safari Bogor mengajak tokoh-tokoh dan pejabat media massa di Bogor Raya agar menyajikan informasi dan berita positif yang mampu menggerakkan kepedulian dan kecintaannya terhadap alam dan satwa di Indonesia. Agar informasi yang menyimpang bisa diluruskan dan agar yang lurus tetap dipertahankan dengan konten yang beragam,” ungkap Public Relation Taman Safari Bogor, Yuska Apitya Aji, saat membuka diskusi dalam kunjungan ke Graha Pena Bogor Jawa Pos Group, Selasa (14/2/2023).

Gerakan peduli konservasi alam dan cinta satwa telah dikampanyekan Taman Safari Bogor sejak berdiri pada dekade 1980-an. Berbagai cara dan inovasi dilakukan Manajemen Taman Safari Bogor untuk merawat dan menggalang dukungan agar kampanye tersebut tidak berhenti pada slogan atau tagline semata. Terbaru, Taman Safari Bogor bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan PT. Smelting melakukan pelepasliaran Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) di kawasan Gunung Gede Pangrango. Pelepasliaran satwa langka yang memiliki kaitan historis dan filosofis sebagai Lambang Negara Republik Indonesia ini tak lepas dari dukungan seluruh elemen pecinta alam dan satwa di Tanah Air. 

“Dengan kunjungan ini kami berharap ada kolaborasi dan partnership yang bisa dijalankan antara Taman Safari Bogor dengan media-media di Bogor Raya. Bisa berbasis pada event-event yang bisa digulirkan rutin setiap bulan. Tentunya akan kita sesuaikan dengan pilar utama Taman Safari Indonesia yakni konservasi, edukasi, learning science dan rekreasi,” ungkap Manager Marketing Communication Taman Safari Bogor, Danang Wibowo, di sela diskusi, Selasa (14/2/2023).


Menyambut niat baik dan komitmen Taman Safari Bogor ini, seluruh petinggi dan pejabat media massa di regional Bogor Raya menyatakan komitmen untuk siap membantu.

“Kami sangat terbuka dan menyambut baik komitmen manajemen Taman Safari Bogor ini. Teknis dan pelaksanannya kita akan bahas dan diskusikan lagi ke depan. Kampanye gerakan peduli alam dan cinta satwa memang hal penting yang sejauh ini masih belum optimal dijalankan. Kita akan dorong seluruh elemen di Bogor untuk memacu hal tersebut dengan kerja sama ini,” ungkap Direktur Pojoksatu.id sekaligus Dewan Redaksi Radar Group (Jawa Pos Group), Fathurrahman S. Kanday, di sela diskusi di Gedung Graha Pena Bogor, Selasa (14/2/2023).

Tak hanya berbasis event, kerja sama antara Taman Safari Bogor dan media-media massa ini rencananya juga akan menciptakan program-program lain berbasis kegiatan sosial.

“Salah satu yang bisa dijalankan ke depan adalah kegiatan pengenalan satwa ke seluruh masyarakat Bogor. Ini sangat menarik karena butuh peran penting media massa untuk menyebarkan informasi seputar Taman Safari Indonesia,” ungkap Content Manager Tribunnews, Soewidia Henaldi, Selasa (14/2/2023).

Sementara, General Manager Metropolitan (Jawa Pos Group), Rama Irawan menambahkan, keberhasilan Taman Safari Bogor menjaga eksistensi sebagai wisata ramah keluarga berbasis edukasi adalah karena inovasi yang terus dilakukan.

“Inovasi tersebut harus terpublikasi dengan baik agar masyarakat mengetahui bagaimana jerih payah Taman Safari Bogor menjaga dan merawat beragam satwa yang ada di dalamnya. Jerih payah tersebut tentu tidaklah mudah. Taman Safari Bogor telah teruji berhasil melakukannya, tapi tentu harus didukung terus-menerus dengan partisipasi dan keterlibatan media dan masyarakat,” tandas Rama. (Humas TSI Bogor/*)
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top