Menikmati Konservasi Lumba-lumba di Batang!
By Fajar
IND  |  Tue - May 21, 2019 7:31 am  |  Article Hits:1048  |  A+ | a-
Taman Safari Indonesia (TSI) Group juga memiliki kepedulian terhadap satwa laut, termasuk lumba-lumba atau dolphin. Itulah kenapa TSI mendirikan Batang Dolphins Center (BDC) di pantai Sigandu, Batang, Jawa Tengah.

Mulai beroperasi sejak tahun 2010, BDC perlahan tapi pasti menjelma menjadi ikon baru kota Batang. TSI sendiri ingin menjadikan Batang sebagai pusat konservasi lumba-lumba di Indonesia. Oleh karena itu, BDC yang menempati lahan seluas 15 hektar terus menerus diperbaiki dan dipercantik lagi demi menarik pengunjung.

Untuk sampai ke BDC, sebenarnya tak sulit. Sebab, ada banyak papan penunjuk arah di tepi jalan yang akan menuntun kita menuju BDC. Kalau pun terlewat, akan ada banyak warga yang siap membantu memberitahu arah jalannya. Lokasi persisnya tak jauh dari jalan utama, jalan Jenderal Sudirman yang menghubungkan Batang dengan Pekalongan dan Semarang.

Setelah berada di jalan Pantai Sigandu-Ujungnegoro, aroma pantai mulai tercium tajam. Itu tandanya lokasi BDC sudah dekat. Benar saja, papan nama BDC sudah terlihat. Gerbangnya nampak jelas dengan hiasan umbul-umbul bertuliskan Batang Dolphins Center. Persis di dekat pintu, ada gerbang loket. Untuk masuk ke dalam area BDC. Anda wajib membeli tiket di loket tersebut. Nah, menikmati konservasi di BDC cukup murah, kok! Untuk weekday Anda hanya merogoh kocek Rp 30 ribu saja. Sedangkan pada weekend, harga tiketnya Rp 40 ribu. Terbilang murah jika Anda dan keluarga tahu apa yang ada di dalam BDC.

Ya, dari gerbang nampak jelas pantai Sigandu. Sungguh pemandangan yang luar biasa. Apalagi, bila Anda berjalan ke pantai. Pasirnya begitu lembut. Sehingga, berjalan telanjang kaki di sepanjang pantai Sigandu cukup aman. Desiran ombak menjadi suara latar yang menenangkan untuk liburan Anda dan keluarga.

Setelah puas menikmati panorama pantai Sigandu yang menakjubkan, saatnya Anda dan keluarga menikmati konservasi ala BDC. Di sini ada Mini Safari, tempat di mana satwa-satwa dari 5 benua dirawat dan dilestarikan. Anda cukup berjalan kaki untuk melihat satwa-satwa tersebut dari dekat. Puas berkeliling di Mini Safari, Anda bisa melihat dari dekat beberapa jenis reptil dan ular di Palka Reptile Aquarium.

Ajak pula putra-putri Anda bermain dan bersenang-senang di Fun Zone. Ada banyak pilihan wahana permainan yang seru dan menyenangkan. Setelah puas bermain-main, Anda dan keluarga bisa menyaksikan aneka pertunjukan edukasi satwa, seperti; Dolphins Show, Various Animal Show, dan Bird of Prey.

Tak hanya itu, Anda juga bisa merasakan sensasi liburan yang benar-benar berbeda dengan mengikuti aneka kegiatan berupa Feeding Time (memberi makan), Swimming with the Dolphins, dan Touching Pool (kolam sentuh). Segala keseruan tersebut bisa Anda nikmati sepuasnya di BDC.

Oh iya, jangan lupa bahwa dengan kedatangan Anda ke BDC, Anda juga telah ikut serta mendukung konservasi lumba-lumba, lho. Dari tiket yang Anda bayarkan, dananya digunakan untuk menyelamatkan lumba-lumba, hasil tangkapan nelayan secara tak sengaja. Lalu, lumba-lumba itu lantas dirawat dengan baik.  Jadi, dukung terus konservasi lumba-lumba di Batang Dolphins Center, ya! (fjr)   
Top