International Monkey Day 2022: Pygmy Marmoset, Monyet Terkecil di Dunia, Segini Ukurannya!
By Editor Bogor II
bogorpromo  |  Wed - December 14, 2022 10:10 am  |  Article Hits:29275  |  A+ | a-
Pygmy Marmoset. (Source: Pixabay.com)
Pygmy Marmoset. (Source: Pixabay.com)
BOGOR- Halo Sahabat Satwa! 14 Desember 2022 hari ini, diperingati sebagai International Monkey Day (Hari Monyet Dunia). Tahukah kamu, jenis monyet apa yang ukurannya paling kecil di Dunia? Perkenalkan, ini namanya Pygmy Marmoset. Satwa ini merupakan spesies monyet terkecil di dunia. Bahkan, ukuran tubuhnya hanya berkisar 117-152 mm, tidak lebih dari 160 mm.

Mengutip dari unggahan @Kemdikbud.ri di Instagram resminya, primata terkecil di dunia ini berhabitat di wilayah Amazon, Kolombia, Peru, Ekuador, dan Bolivia Utara. Meski sudah dewasa, ukuran Pygmy Marmoset dewasa masih tetap tergolong kecil.

Hewan ini memakan getah pohon, nektar, hingga buah untuk bertahan hidup. Walau terlihat lucu, spesies monyet terkecil ini termasuk ke dalam tingkatan hewan yang dilindungi.


(Pygmy Marmoset/Pixabay.com)

Ciri Khas Bulu Pygmy Marmoset

Bulu Pygmy Marmoset memiliki ciri khas garis-garis coklat dan hitam yang membantunya untuk berkamuflase. Lehernya yang fleksibel bisa berputar hingga 180 derajat untuk melihat adanya predator.

Dalam laman AZ Animals disebutkan Pygmy Marmoset memiliki ekor yang panjangnya melebihi tubuhnya. Mereka dapat melompat sejauh 16 kaki.

Uniknya, hewan ini hanya memiliki seekor betina dalam satu keluarga. Sementara itu, sang jantan nantinya merawat anak-anak mereka atau saudara lainnya yang lebih tua.

Tidak Cocok untuk Dipelihara

Karena statusnya yang dilindungi, tentu hewan kecil dan imut ini tidak dapat dipelihara. Sebab, mereka sering menandai wilayahnya dengan aroma, jadi tidak cocok untuk tinggal di dalam ruangan.

Selain itu, Pygmy Marmoset juga merupakan makhluk yang sangat sosial dan berkembang dengan baik jika bersama keluarganya. Memisahkan salah satu dari mereka untuk dipelihara bukanlah keputusan yang tepat.

Sebagai seekor hewan yang cerdas, primata terkecil di dunia ini juga mudah merasa bosan.

Spesies Monyet Terkecil Lainnya

Selain Pygmy Marmoset, masih ada monyet-monyet kecil lainnya. Masih bersumber dari AZ Animals, ada spesies monyet dengan nama Silvery Marmoset.

Monyet kecil ini ditemukan di bagian tenggara Brasil dan memiliki ukuran yang sama dengan tupai. Panjang kepala dan tubuhnya berkisar 7,1 hingga 11 inci dengan berat rata-rata sekitar 48 ons.

Berbeda dengan Pygmy Marmoset, spesies Silvery Marmoset memiliki warna bulu putih agak perak, ada juga yang warnanya coklat tua. Umumnya, mereka banyak ditemukan dan hidup di hutan hujan.

Silvery Marmoset memiliki rahang yang berbeda, sebab mereka memakan getah dan perlu menggerogoti pohon. Selain itu, mereka juga menyantap telur, buah dan serangga-serangga kecil.

Jelajah Safari Journey, Lihat Langsung Satwa Kesayanganmu!

Bagi Sahabat Satwa yang belum pernah berinteraksi langsung dengan satwa kesayangan pasti masih penasaran kan? Di Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor, Sahabat Satwa bisa berinteraksi, memberi makan dan berfoto bersama mereka.

Tak hanya beragam jenis monyet saja, Sahabat Satwa juga bakal menjumpai satwa-satwa unik dan langka dari berbagai penjuru Dunia. Sahutan Bekantan hingga auman Harimau dan Singa bisa kamu dengar dari jarak dekat.

"Primata adalah sahabat manusia, sahabat saling merawat. Lestarilah primata indonesia. Happy international monkey day," ungkap Head of Medical Animals TSI Bogor, dr. Bongot Huaso Mulia.

So, tunggu apalagi, buruan pesan tiket masuk TSI Bogor DI SINI. (*)
 
(Humas TSI Bogor/*)
 
#InternationalMonkeyDay #KonservasiSatwa
#TSIBogor #TamanSafariIndonesia
#DestinasiBogor #PiknikBogor
#SatwaLangkaDunia #HargaTiketTSI
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top