Inseminasi Buatan Banteng Jawa Pertama di Dunia
By Fajar
IND  |  Wed - March 27, 2019 4:10 am  |  Article Hits:257  |  A+ | a-
Satu lagi keberhasilan Taman Safari Indonesia (TSI) dalam konservasi satwa. Uchi, banteng Jawa betina telah melahirkan bayi seberat 23 kg pada November 2017 lalu.

Istimewanya, kelahiran bayi banteng Jawa (Bos Javanicus) ini merupakan hasil inseminasi buatan yang dilakukan oleh TSI bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) serta Conservation Planning Specialists Group (CPSG). Uchi sendiri harus melewati dua kali proses inseminasi sebelum benar-benar dinyatakan hamil.

Setelah melewati masa kehamilan selama 299 hari, hari kelahiran pun tiba. Uchi melahirkan secara alami di Taman Safari Bogor. Bayinya pun nampak sehat dan bisa menyusu dengan baik. Kini, usianya sudah menginjak 2 tahun.

Perlu diketahui, banteng Jawa ini merupakan satwa endemik asli Indonesia yang tersebar di pulau Jawa dan Bali. Banteng Jawa mulai terancam, dikarenakan hilangnya habitat, perburuan liar, dan ancaman predator alami. Oleh karena itu, jumlahnya dari waktu ke waktu semakin menurun.

Sebagai lembaga konservasi terpercaya, TSI pun menggandeng IPB dalam melakukan inseminasi buatan dan koleksi sperma. Tujuannya tak lain, adalah untuk meningkatkan populasi serta mengembangkan faktor genetik dari banteng Jawa tersebut.

Kehadiran anak banteng Jawa ini pun diawasi terus menerus oleh dokter hewan dan para ahli dari TSI dan IPB. Perkembangannya juga direkam secara detail demi tercapainya tujuan utama, yakni melestarikan satwa endemik Indonesia alias konservasi. (fjr)   
Top