Ayo Kurangi Sampah Plastik!
By Fajar
IND  |  Mon - March 4, 2019 10:24 am  |  Article Hits:1218  |  A+ | a-
Tahukah Anda bahwa Indonesia merupakan penyumbang sampah ke laut kedua terbesar di dunia? Yuk, kita lihat datanya. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat Indonesia menghasilkan 64 juta ton sampah plastik per tahun. Sebanyak 3,2 juta ton di antaranya dibuang ke laut. Aduh, mengkhawatirkan ya?!

Ini adalah kondisi yang cukup parah. Sebab, sampah plastik yang terbuang ke laut dapat terbelah menjadi partikel-partikel kecil (microplastics) berukuran 0,3 – 5 mm. Microplastics ini sangat mudah dikonsumsi oleh satwa-satwa laut.

Akibatnya, ya tentu saja keberadaan satwa-satwa laut yang kian terancam dengan mengonsumsi sampah plastik tersebut. Taman Safari Indonesia (TSI) Group sebagai lembaga konservasi sangat prihatin dengan kondisi pencemaran sampah plastik di laut ini. Tak lain, karena mengancam keberadaan satwa-satwa laut yang juga menjadi fokus konservasi di semua unit TSI Group.    
  
Pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019 yang jatuh pada 4 Maret ini, TSI Group hendak mengajak Anda semua untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Seperti apa yang telah dilakukan setiap business unit di TSI; mengurangi penggunaan sedotan plastik, kantong plastik, dan mendaur ulang botol plastik bekas pakai.

Jika Anda peduli dengan alam dan satwanya, marilah kita bersama-sama mengurangi penggunaan plastik. Supaya di tahun 2019 ini, target pengurangan 5-10% plastik yang dicanangkan pemerintah bisa tercapai.

Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menyelamatkan alam dan satwa-satwa penghuninya? So, marilah menjadi pahlawan alam dan satwa, dengan mengurangi penggunaan plastik! Salam Lestari! (fjr)    
Top