Fakta Unik Si Lumba-Lumba Hidung Botol
By editor
batangpromo  |  Tue - November 16, 2021 4:26 am  |  Article Hits:71  |  A+ | a-
Lumba-Lumba Hidung Botol, Batang Dolphin Center
Lumba-Lumba Hidung Botol, Batang Dolphin Center

Sahabat Satwa, tahukah kalian ada fakta-fakta unik dan menarik seputar Lumba-Lumba. Nah, salah satunya adalah Lumba-Lumba Hidung Botol yang ada di Batang Dolphins Center. 

1. Termasuk jenis mamalia
Lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik (Tursiops aduncus) termasuk ke dalam satwa mamalia bukan jenis ikan. Mereka bernafas dengan paru-paru. Lumba-lumba hidung botol termasuk satwa laut yang ramah dan dapat bersahabat dengan manusia. Mereka juga bisa berinteraksi dengan makhluk hidup.

2. Hidup berkelompok
Meski termasuk mamalia, namun Lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik hidup dengan cara berkelompok. Satu kelompok bisa mencakup lima hingga lima belas ekor. Mereka hidup berkelompok untuk bertahan diri dari predator laut yang menjadi musuhnya.

3. Ancaman kepunahan
Ada beberapa ancaman yang bisa berpengaruh terhadap populasi lumba-lumba hidung botol. Selain predator laut yaitu ikan hiu terdapat ancaman lainnya yang juga dapat mengurangi populasi dari lumba-lumba. Gangguan dan kerusakan pada habitat seperti pembangunan pelabuhan dan kapal, penangkapan ikan yang berlebihan, perubahan iklim, dan polusi laut juga menjadi ancaman bagi mereka.

Untuk itu, kita perlu menjaga kelestarian populasi lumba-lumba hidung botol dengan mendukung konservasinya. Nah, buat kalian yang mau melihat langsung tingkah laku mereka, bisa datang langsung ke Batang Dolphins Center. Sahabat Satwa bisa menyaksikan presentasi Lumba Lumba setiap hari jam 11.00, 13.00 dan 15.00 WIB.

Top