Peresmian Ruang Perawatan Anakan Elang Jawa
By Editor Bogor
IND  |  Sat - May 29, 2021 3:49 am  |  Article Hits:5705  |  A+ | a-
Penandatanganan Batu Prasasti Peresmian Ruang Perawatan Anakan Elang Jawa di Taman Safari Indonesia
Penandatanganan Batu Prasasti Peresmian Ruang Perawatan Anakan Elang Jawa di Taman Safari Indonesia
Peresmian Ruang Perawatan Anakan Elang Jawa
Ruang perawatan Anakan elang jawa yang ada di Taman Safari Indonesia , diresmikan pada Kamis ( 27/5/2021 ), sekira pukul 11.00 WIB. 
Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kerjasama Konservasi elang jawa yang dirintis sejak tahun 2018 lalu, antara PT. Smelting yang bergerak dibidang peleburan tembaga, dengan Taman Safari Indonesia, serta Kementerian Lingkungan Hidup.
Kali ini, focus kerjasama adalah pembangunan ruang perawatan anakan Elangjawa. Hal ini penting untuk meningkatkan keberhasilan program perkembangbiakan jenis satwa yang terancampunahini.
Penandatangan prasasti dilakukan oleh EVP Direktur PT. Smelting Mr. Tasuyo Inoe dan Direktur Taman Safari Indonesia Drs. Jansen Manansang MS.c, serta disaksikan oleh Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayatai yang diwakili oleh Kepala Sub Direktorat Bapak Dadang Wardana. (topi putih).
Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat yang diwakili oleh Bapak Budi Santoso dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang diwakili oleh Kepala Bidang Teknis Konservasi, Buana Darmansyah.
Dalam sambutannya, Drs. Jansen Manansang MS.c mengatakan :  “Taman Safari Indonesia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun dalam dunia konservasi satwa liar telah berhasil mengembangbiakan jenis-jenis satwa endemik Indonesia. Seperti Gajah sumatera, Harimau sumatera, Komodo, Banteng jawa, Bekantan, Curik Bali, Anoa, Babirusa dan lainnya. Telur dari pasangan Elang jawa yang berada di Taman Safari juga telah beberapa kali menetas, ujarnya.
Saat ini Taman safari Indonesia, memiliki 11 ekor Elang Jawa, 5 ekor diantaranya  merupakan hasil pengembangbiakan di Taman safari Indonesia.
Dibutuhkan kerjasama para pihak untuk mendukung kelestarian Elang jawa yang merupakan kebanggan Bangsa Indonesia.
Mengenai Elang Jawa:
Elang jawa adalah jenis burung pemangsa yang dipercaya identik dengan lambing Burung Garuda. Jenis ini populasinya makin menurun tiap tahunnya dan habitatnya hanya terbatas atau endemic Pulau Jawa.
Kelestarian jenis jenis satwa liar tidak dapat berjalan sendiri. Dibutuhkan kerjasama antara pemerintah, swasta, akademisi dan para pihak lainnya. Taman Safari Indonesia mengajak semua pihak untuk bekerjasama di bidang konservasi satwa liar. Supaya anak cucu kita dapat terus melihat elok dan indahnya Burung Garuda, Elang Jawa terbang tinggi di angkasa.
Top