Mencegah Harimau Sumatera dari Kepunahan!
By editor
IND  |  Fri - February 15, 2019 2:20 am  |  Article Hits:8808  |  A+ | a-
Indonesia memang dikenal dengan keanekaragaman hayati dan satwanya. Namun, sayangnya ada sebagian satwa yang terancam keberadaannya. Tak terkecuali, harimau Sumatera (panther tigris Sumaterae).

Jauh sebelum itu, harimau Bali dan Jawa sudah divonis punah sejak 1937 dan 1970. Tersisa harimau Sumatera yang kian kritis jumlahnya.

Taman Safari Indonesia (TSI) sebagai lembaga konservasi, sangat peduli dengan kondisi tersebut. Dengan jumlah yang makin berkurang dari waktu ke waktu, TSI pun bergerak cepat dengan melindunginya. Diperkirakan saat ini, populasi harimau Sumatera hanya berkisar 400-an ekor.

Beberapa harimau Sumatera kini dirawat di TSI, yang memiliki fasilitas lengkap, seperti klinik dan tenaga medis untuk merawat harimau Sumatera. Bisa dibilang, TSI sangat layak menjadi tempat konservasi harimau Sumatera.

Pada awal tahun 2008, tim teknis TSI terjun langsung dalam penyelamatan dan pelepasan dua ekor harimau Sumatera di hutan lindung Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung Selatan.

Bukan itu saja, sudah banyak penyelamatan harimau Sumatera yang dilakukan TSI. Termasuk program observasi harimau Sumatera di Kabupaten Siak, Riau.  

Dengan segala upaya konservasi yang dilakukan, TSI yakin bahwa harimau Sumatera tak akan menyusul punah kedua saudaranya, harimau Jawa dan harimau Bali. (fjr)       
Top