Selamat Ulang Tahun Hu Chun, Giant Panda Betina di Taman Safari Bogor
By Fajar
IND  |  Thu - September 10, 2020 8:12 am  |  Article Hits:201  |  A+ | a-
Setelah bulan lalu (4 Agustus 2020), Cai Tao merayakan hari ulang tahunnya, kini giliran si Giant Panda betina bernama Hu Chun yang berulang tahun. Ya, tepatnya pada 8 September 2020 Hu Chun genap berusia 10 tahun.

Hu Chun lahir pada 8 September 2010 di China Conservation and Research Centerfor Giant Panda, Tiongkok. Ayah Hu Chun bernama Wu Gang, sedangkan ibunya bernama Ye Ye. Nama Hu Chun sendiri terdiri dari Hu yang berarti danau, dan Chun yang artinya musim semi. Hu Chun dan Cai Tao tiba di Taman Safari Bogor pada 28 September 2017 lalu.

Kedua Giant Panda ini merupakan bentuk kepercayaan sekaligus kerjasama erat dari Pemerintah Tiongkok kepada Indonesia, dalam hal ini adalah Taman Safari Bogor. Pemerintah Tiongkok menganggap Taman Safari Bogor, sebagai Lembaga Konservasi terpercaya dan mampu mengemban amanah dalam merawat sepasang Giant Panda, yang notabene adalah satwa kebanggaan rakyat Tiongkok.

Oleh karena itu, Taman Safari Bogor telah mempersiapkan tempat tinggal Cai Tao dan Hu Chun jauh-jauh hari sebelum kedatangan keduanya. Dibangunlah Istana Panda, yang berlokasi di atas bukit, di dalam area Taman Safari Bogor. Lokasi ini dipilih karena suhunya yang hampir mirip dengan habitat aslinya di Tiongkok. Tak hanya itu, Taman Safari Bogor pun menanam beragam jenis bambu, sebagai bahan makanan panda di sekitar Istana Panda.

Selama 3 tahun tinggal di Istana Panda, Cai Tao dan Hu Chun tampak sehat dan betah dengan suasana sekitar. Segala macam kebutuhan pangan dan medis dipenuhi bagi mereka berdua. Kehadiran sepasang Giant Panda ini juga meningkatkan animo masyarakat yang ingin melihat langsung dari dekat. Bagi Taman Safari Bogor, tentunya menjadi kebanggaan mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Tiongkok. Sebab, tak semua negara dapat menerima kehormatan untuk merawat panda dari Tiongkok.

Pada hari ulang tahunnya, Hu Chun mendapatkan kejutan dari keeper (perawat satwa) dan tim Taman Safari Bogor. Ada bingkisan berbentuk kue ulang tahun dengan angka 10 di atasnya dan gambar hati bertuliskan love. Hu Chun nampak senang dengan kemunculan ‘kue ulang tahun’ tersebut. Ia berguling-guling bahagia di hari ulang tahunnya. Para pengunjung pun senang melihat perilaku lucu Hu Chun dari balik kaca.

Para pengunjung pada Selasa (8/9) lalu tersebut tetap wajib mengenakan masker dan menjaga jarak. Karena ancaman penyebaran Covid-19 masih berlangsung. Sebagai pengelola tempat rekreasi, tentu saja Taman Safari Bogor bertanggung jawab penuh dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung selama masa New Normal. Termasuk saat menyaksikan Hu Chun merayakan ulang tahunnya.

Semoga di usia yang ke-10 ini, Hu Chun bisa memiliki keturunan dari Cai Tao, ya. Dengan keberhasilan pengembangbiakkan Giant Panda, tentu akan menjadi kebanggaan kita semua di mata dunia dalam hal konservasi satwa. Jadi, semoga cepat punya anak ya Hu Chun! (fjr/tsi)        
 
 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top