Perayaan International Vulture Awareness Day di Taman Safari Bogor
By Fajar
IND  |  Tue - September 8, 2020 8:35 am  |  Article Hits:94  |  A+ | a-
Mungkin tak banyak yang tahu tentang vulture atau burung hering. Namun, pada kenyataannya vulture ini merupakan salah satu kelompok burung yang terancam punah di dunia. Oleh karena itulah, setiap tahun diadakan International Vulture Awareness Day, termasuk di Taman Safari Bogor.

International Vulture Awareness Day sendiri dirayakan tiap hari Sabtu pertama di bulan September tiap tahun. Kebetulan, untuk tahun ini sendiri jatuh pada Sabtu (5/9) lalu. Taman Safari Bogor pun mengadakan perayaan secara sederhana bersama para pengunjung. Perayaan ini bertujuan pula mensosialisasikan betapa pentingnya peran burung hering dalam siklus rantai makanan di habitat alami.

Perlu diketahui bahwa vulture atau disebut juga burung bangkai, adalah jenis burung pemakai bangkai mahluk hidup yang telah mati. Mereka jarang sekali menyerang hewan yang masih hidup atau sehat. Kalaupun mereka menyerang yang masih hidup, biasanya korbannya sudah sakit atau sekarat.Burung hering dapat ditemui di semua benua kecuali Antartika dan Oseania.  

Ciri-ciri vulture adalah kepalanya yang botak, tidak ada bulu, yang ada hanya bulu-bulu halus. Mereka juga memiliki lambung yang sangat asam dan korosif sehingga bakteri yang terdapat dalam bangkai, akan mati seketika saat memasuki saluran pencernaan vulture. Dengan begitu, pencernaan vulture sangat aman untuk mengonsumsi bangkai.

Berkat kemampuannya dalam mengonsumsi bangkai itulah, vulture berperan dalam membersihkan habitat dari bakteri-bakteri berbahaya sekaligus mencegah penularan penyakit dari bangkai hewan yang tersisa dari hewan pemangsa lain. Vulture sendiri sering disebut sebagai Kelompok Pembersih Alam. Meskipun tergolong satwa buas, vulture punya peranan penting dalam rantai makanan. Namun sayangnya, akibat dari perburuan liar dan habitat yang terganggu, populasi vulture makin berkurang dari waktu ke waktu.

Untuk mensosialisasikan peranan penting vulture, Taman Safari Bogor mengadakan perayaan sederhana bersama para pengunjung pada Sabtu (5/9) lalu. Ada obrolan santai ‘Keeper Talk’ membahas vulture, presentasi edukasi burung pemangsa, dan lomba mewarnai bagi anak-anak. Tentu saja acara ini tetap mematuhi protokol kesehatan New Normal, dengan pangaturan jaga jarak dan pemakaian masker bagi seluruh pengunjung.

Respon para pengunjung pun cukup baik, terutama pengunjung cilik. Anak-anak tampak antusias mengikuti lomba mewarnai dengan berbagai hadiah menarik yang ditawarkan. Para pengunjung juga jadi tahu banyak tentang vulture. Apa lagi mereka langsung disuguhi atraksi menarik dari burung pemangsa dari jarak dekat. Acara ini berlangsung di lokasi presentasi burung pemangsa sejak pukul 12.00 WIB hingga sore hari.

Taman Safari Bogor berharap dengan mengadakan acara seperti ini, dapat meningkatkan antusias pengunjung dan masyarakat agar lebih peduli terhadap nasib satwa-satwa yang terancam punah. Melalui kunjungan ke Taman Safari Bogor, maka secara otomatis pengunjung telah mendukung konservasi satwa-satwa yang terancam punah. Termasuk salah satunya adalah vulture. Jadi, jangan ragu untuk #timetosafari dan dukung konservasi satwa! (fjr/tsi)       
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top