Bukan Satu, Tapi Ada Tiga Bayi Orangutan yang Baru Lahir di Taman Safari Bogor!
By Fajar
IND  |  Tue - August 25, 2020 2:43 am  |  Article Hits:219  |  A+ | a-
Perayaan World Orangutan Day pada 19 Agustus tahun ini menjadi sangat spesial di Taman Safari Bogor. Pasalnya, ada tiga anggota keluarga baru orangutan yang turut hadir.

Adalah Noal, Yeni, dan Fitri, nama ketiga bayi orangutan yang baru beberapa waktu lalu lahir di Taman Safari Bogor. Ketiganya lahir saat pandemik Covid-19 masih berlangsung saat ini. Mereka bertiga berada dalam pengasuhan masing-masing induknya.

Tim medis dan keeper (perawat satwa) pun memberikan perhatian serta perawatan esktra terhadap ketiga orangutan tersebut. Salah satunya adalah pakan dan vitamin bagi induknya agar pemberian ASI makin lancar. Kehadiran Noal, Yeni, dan Fitri merupakan kabar yang sangat membahagiakan. Sebab, populasi orangutan sendiri terancam punah, dikarenakan deforestasi, pengurangan lahan hutan yang menjadi habitat orangutan.

Selain itu, perburuan liar ilegal menambah parah jumlah populasi orangutan di Kallimantan dan Sumatera. Salah satu cara untuk mencegah kepunahan pada satwa endemik Indonesia ini, adalah dengan merawat dan mengembangbiakkan. Itulah yang dilakukan oleh Taman Safari Bogor yang menyandang status Lembaga Konservasi.

Kehadiran ketiga bayi orangutan ini pula menjadi bukti keberhasilan Taman Safari Bogor dalam usaha menyelamatkan dan merawat satwa-satwa yang terancam punah. Tak hanya orangutan saja, tapi juga spesies satwa-satwa lainnya dengan kondisi yang hampir sama dengan orangutan. Meski kondisi sulit akibat pandemik Covid-19, tak menyurutkan usaha Taman Safari Bogor dalam merawat satwa dengan baik.  

Saat ini, Noal, Yeni, dan Fitri dalam kondisi yang cukup sehat, serta masih dalam pengasuhan induknya masing-masing. Tentu saja ke depannya, diharapkan bakalan hadir lagi spesies satwa-satwa lain yang lahir di Taman Safari Bogor. Sebab, menyelamatkan satwa dan alam adalah tanggung jawab kita bersama, demi anak cucu kita. Tiap kali Anda dan keluarga berkunjung ke Taman Safari Bogor, maka secara tidak langsung Anda telah mendukung program konservasi satwa-satwa yang terancam punah. Jadi, jangan ragu untuk #timetosafari(fjr/tsi)  
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top