Batang Dolphins Center Dibuka Kembali dengan Protokol ‘New Normal’
By Fajar
IND  |  Thu - July 16, 2020 4:05 am  |  Article Hits:1258  |  A+ | a-
Setelah 3 bulan ditutup sementara untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, kini Batang Dolphins Center telah dibuka kembali. Tentu saja dengan penerapan protokol kesehatan ‘New Normal’ atau Normal Baru.

Sebelum diputuskan untuk dibuka kembali, Batang Dolphins Center (BDC) telah menerapkan simulasi penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 pada pertengahan Juni 2020 lalu. Simulasi tersebut langsung ditinjau dan dinilai oleh Tim Gugus Tugas COVID-19 Jawa Tengah dan Dinas Pariwisata Kabupaten Batang.

“Beberapa penerapannya berupa; mewajibkan setiap karyawan menggunakan masker, face shield serta sarung tangan, pengukuran suhu tubuh bagi setiap orang (karyawan dan pengunjung) yang memasuki area BDC maksimal 37,5 derajat Celsius, penyemprotan disinfektan ke setiap kendaraan yang akan masuk, mewajibkan setiap pengunjung mengenakan masker, dan menyediakan carian pembersih tangan atau sabun tangan di tiap sudut area,” ujar Oktavianus Bagus Wijaya Danu, Manajer Operasional Batang Dolphins Center.

Kontak fisik antara staff dan pengunjung ataupun antar pengunjung juga diminimalisir dengan adanya penerapan jaga jarak (physical distancing) setidaknya 1,5 meter. Khusus untuk tempat duduk pertunjukan edukasi, telah diberi tanda agar terdapat jarak aman antar penonton. Jumlah penonton pertunjukan edukasi pun dibatasi hanya setengah dari kapasitas maksimum.

“Kami meniadakan kegiatan memberi makan satwa, tunggang satwa dan berfoto dengan satwa, tapi pertunjukan satwa tetap ada termasuk pertunjukan lumba-lumba,” ungkap Danu, Manajer Operasional Batang Dolphins Center. Danu juga menyarankan bagi masyarakat yang ingin berkunjung, sebaiknya melakukan booking terlebih dahulu, Sebab, akan ada pembatasan pengunjung. Pada masa ‘New Normal’ ini, BDC hanya menerima 500 pengunjung setiap hari.

Pembatasan jumlah pengunjung diterapkan untuk menghindari kerumunan orang yang terlalu banyak sekaligus menaati aturan dari Pemerintah Kabupaten Batang. Khusus untuk rombongan, dilakukan secara bergantian dengan maksimal 20 orang untuk satu rombongan. Itupun harus tetap jaga jarak antar satu pengunjung dengan pengunjung lainnya, dan akan selalu diingatkan oleh satu orang guide dari BDC yang mendampingi.

Kesehatan dan kebersihan satwa-satwa di BDC juga diawasi dengan ketat oleh keeper (perawat satwa) dan tim medis. Sehingga, satwa-satwa ini benar-benar bebas dari segala virus atau penyakit. Bahkan, saat ditutup sementara selama 3 bulan kemarin pun, pengelola tetap menjaga kesejahteraan seluruh satwa di BDC.

Protokol kesehatan ‘New Normal’ ini secara serentak diterapkan di unit-unit Taman Safari Indonesia (TSI) Group lainnya; Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen, dan Bali Safari and Marine Park. Melalui kampanye #timetosafari, penerapan ‘New Normal’ tersebut disosialisasikan ke masyarakat melalui media sosial dan website resmi TSI Group.

“Tak perlu khawatir bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke Batang Dolphins Center. Sebab, seluruh kegiatan operasional dan pelayanan dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan aturan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah,” ujar Danu. (fjr/tsi)    
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top