International Animal Photo Competition (IAPC) Tahun 2020: Ditiadakan!
By Fajar
IND  |  Mon - June 29, 2020 2:15 am  |  Article Hits:284  |  A+ | a-
IAPC 2020 Ditiadakan
IAPC 2020 Ditiadakan
Bagi Anda penggiat fotografi sekaligus pecinta satwa tentu sudah tak asing lagi dengan lomba foto satwa gelaran Taman Safari Indonesia (TSI) Group, yakni International Animal Photo Competition (IAPC). Namun dengan sangat menyesal, gelaran IAPC untuk tahun 2020 resmi ditiadakan.

Keputusan meniadakan lomba foto satwa paling bergengsi ini memang sangat disayangkan. Apa lagi, IAPC pasti selalu ditunggu-tunggu kehadirannya tiap tahun di masing-masing unit TSI Group; Taman Safari Bogor, Taman Safari Prigen, Bali Safari Park, dan Jakarta Aquarium. Tiap gelaran di unit-unit tersebut pasti pesertanya selalu mencapai lebih dari 200 orang. Jumlah itu adalah mereka yang ikut lomba on the spot. Belum ditambah dengan peserta yang ikut serta melalui website dan Instagram, yang jumlahnya tak kalah banyak.

Sebenarnya, pada awal tahun 2020, pihak panitia sudah mulai mempersiapkan IAPC yang ke-30 ini. Namun, dalam perkembangannya ada faktor luar yang tak terelakkan. Wabah COVID-19 yang kali pertama muncul di Cina pada akhir 2019, lantas menyebar ke banyak negara, termasuk Indonesia. Jumlah penderita Corona di Indonesia dari waktu ke waktu makin bertambah sejak dikonfirmasi kasus pertama oleh Presiden Jokowi pada awal Maret 2020 lalu.

Pemerintah pun memutuskan untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah yang menjadi titik penyebaran COVID-19. Gerakan #dirumahaja pun digemakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini. Alhasil, segala kegiatan yang mengundang keramaian dilarang. TSI Group sebagai Lembaga Konservasi sekaligus tempat edukasi dan rekreasi keluarga lantas memutuskan untuk melakukan penutupan sementara di seluruh unitnya sejak akhir Maret 2020 lalu.

Sebagai imbasnya, IAPC 2020 diputuskan untuk ditunda penyelenggaraannya hingga tahun depan. Tentu saja keputusan ini diambil atas dasar pertimbangan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Bagi manajemen TSI Group selaku pihak penyelenggara IAPC, keamanan dan kesahatan peserta menjadi prioritas utama.

Keputusan meniadakan penyelenggaraan IAPC tahun 2020 juga seiring dengan penutupan sementara seluruh unit TSI Group sejak akhir Maret lalu. Saat ini, baru Taman Safari Bogor dan Taman Safari Prigen yang melakukan uji coba pembukaan dengan dibarengi protokol kesehatan ‘New Normal’. Itu pun masih akan dievaluasi dalam beberapa waktu ke depan.

Tak lupa pula, kami selaku manajemen TSI Group mengingatkan kepada Anda para pecinta fotografi dan konservasi satwa untuk tetap menjaga kesehatan serta kebersihan. Sebab, kita pasti akan berjumpa kembali di lomba foto satwa paling bergengsi, International Animal Photo Competition (IAPC) pada tahun depan. Jadi, tunggu kabar selanjutnya dan persiapkan lensa Anda di IAPC 2021. Salam lestari! (fjr/tsi)       
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top