Bali Safari Berhasil Kembangbiakan Buaya Senyulong
By editor
IND  |  Wed - June 3, 2020 6:39 am  |  Article Hits:9124  |  A+ | a-
Setelah Corona, si anak jerapah yang baru lahir beberapa waktu lalu, kini kabar menggembirakan dari Bali Safari terus berlanjut, dengan menetasnya 22 telur buaya Senyulong.

Sebagai informasi, buaya Senyulong atau (Tomistoma schlegelii) merupakan keluarga buaya air tawar yang tersebar di Indonesia, Brunei dan Malaysia. Buaya Senyulong ini dikategorikan rentan atau vulnerable dalam daftar merah IUCN karena populasi secara global mengalami penurunan dan diperkirakan hanya kurang dari 2.500 individu dewasa.

Penurunan populasi tersebut disebabkan oleh berkurangnya habitat dan fragmentasi hutan rawa secara terus-menerus. Sehingga, buaya Senyulong pun kehilangan tempat tinggalnya yang memang kebanyakan berupa hutan rawa.

Secara umum, masa kawin buaya Senyulong berlangsung di bulan September hingga Oktober. Dari hasil perkawinan itulah, Bali Safari mendapatkan kabar yang luar biasa menggembirakan. Sebab, buaya Senyulong yang dirawat di Bali Safari telah berhasil menghasilkan 24 telur. Perawatan terbaik pun diberikan untuk menjaga kondisi telur-telur ini. Setelah kurang lebih 90-110 hari menunggu, tepatnya di bulan Januari lalu menetaslah 22 telur dengan sempurna.

“Kami memiliki kegiatan baru, yakni merawat anggota keluarga baru Bali Safari, anakan buaya Senyulong,” ujar drh. Kadek, dokter hewan di Bali Safari Park.
 
Perawatan anakan buaya Senyulong dilakukan dengan cara menempatkan masing-masing anakan dalam satu boks besar, yang dilengkapi dengan lampu penghangat serta UV-B. Suhu di dalam boks tersebut dipertahankan 28 sampai 33 derajat Celsius.
 
Pencatatan suhu dilakukan 4 kali sehari oleh perawat bayi satwa. Setiap harinya, anakan buaya Senyulong ini diberi pakan potongan ikan nila, lele dan jangkrik. Kesehatannya pun diawasi dengan ketat oleh tim medis Bali Safari. Sebab, anakan satwa sangat rentan terhadap penyakit. Untuk itulah, dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin demi keberlangsungan hidup anakan buaya Senyulong ini.
 
Dengan hadirnya anakan buaya Senyulong ini, maka deretan keberhasilan pengembangbiakan satwa di Bali Safari juga bertambah. Segenap tim Bali Safari patut berbangga dapat menjadi bagian dari program konservasi, demi keberlangsungan satwa-satwa langka yang terancam punah. Yang pasti, ke depannya aka nada lagi keberhasilan pengembangbiakan di Bali Safari melalui kelahiran satwa-satwa lainnya. Jadi, tetap dukung Bali Safari dalam menjalankan program konservasi satwa! (fjr/tsi) 
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top