Royal Safari Garden Rayakan Ulang Tahun Dua Ekor Lemur Jantan
By Fajar
IND  |  Mon - May 18, 2020 9:38 am  |  Article Hits:188  |  A+ | a-
Bulan Mei 2020 ini adalah bulan yang membahagiakan bagi dua satwa penghuni Royal Safari Garden, resort kenamaan di Kawasan Puncak, Bogor. Sebab, ada dua ekor lemur jantan yang merayakan ulang tahunnya di bulan ini.

Pandemi Covid-19 tak mampu menutup ekspresi kebahagiaan dari Fernando dan Hugo, dua ekor lemur jantan penghuni Royal Safari Garden. Keduanya memiliki tanggal ulang tahun yang hampir bersamaan. Fernando di tanggal 7 Mei, sedangkan ulang tahun Hugo jatuh di tanggal 9 Mei. Perayaan ulang tahun keduanya dilakukan secara sederhana.

Tapi ada yang istimewa di perayaan ulangtahun Fernando. Sebab, ada pasangan artis kenamaan, yakni Jessica Iskandar dan sang suami, Richard Kyle. Ada berbagai buah-buahan yang disusun seperti kue untuk ulang tahun Fernando. Lemur jantan yang baru menginjak usia 4 tahun tersebut lantas Nampak girang dan lincah. Karena, lemur memang suka sekali makan buah-buahan. Fernando pun langsung menyantap kue ‘buah-buahan’ itu. Angka 4 yang dibuat dari buah semangka langsung dilahapnya.

Begitu pula dengan perayaan ulang tahun Hugo. Ia juga mendapatkan buah-buahan yang disusun menyerupai kue ulang tahun. Hugo pun tak pelit. Buah-buahan yang ada di ‘kue’ ulangtahunnya juga dibagikan ke lemur lain yang ada di African Village, Royal Safari Garden. Semua lemur penghuni pun merasakan kebahagiaan yang sama dengan Hugo yang juga merayakan ulang tahun ke-4.

Perlu diketahui, lemur (Lemures) adalah sejenis primata yang hidup dan aslinya berasal dari Madagaskar, sebuah pulau di bagian timur Afrika. Lemur dijuluki mahluk atau arwah, karena matanya dapat memantulkan cahaya saat malam hari. Satwa bewarna belang, hitam dan putih ini memiliki suara yang nyaring. Bahkan, di habitat aslinya, suara lemur dapat terdengar hingga radius puluhan kilometer.

Panjang tubuh lemur bisa mencapai 56 cm. sedangkan ekornya sekitar 60 cm. yang khas dari ekornya adalah warna belang hitam-putih yang berbentuk cincin. Makanan kesukaan lemur tentunya adalah buah-buahan, sama seperti primata pada umumnya. Lemur termasuk primata yang cerdas, lincah dan suka bergelantungan di pepohonan yang banyak tumbuh di hutan tropis.

Sayangnya, di habitat aslinya lemur termasuk satwa yang terancam punah. Pasalnya, lemur sangat bergantung pada pepohonan. Bagi mereka, hutan dan pepohonan adalah rumah. Jadi, jika hutan semakin gundul, maka mereka pun terancam tak punya rumah. Apa lagi, lemur juga seringkali menjadi objek perburuan liar karena dianggap sebagai hama dan membahayakan manusia. Sebagian lemur juga diburu untuk diperjualbelikan di pasar gelap. Akibatnya, populasi lemur dari waktu ke waktu semakin berkurang.

Di Royal Safari Garden sendiri, ada beberapa ekor lemur. Mereka tinggal di area African Village. Tamu dapat berinteraksi dan memberi makan satwa asli Afrika di area ini. Lemur-lemur ini pun dirawat dan dijaga kesehatannya. Sebab, Royal Safari Garden pun punya tujuan konservasi, sama seperti unit-unit lain di Taman Safari Indonesia (TSI) Group. (fjr/tsi)       
COMMENTS (0)
CAPTCHA Image
Play CAPTCHA Audio
Refresh Image
Please, type the capital of United Kingdom below to prove you are not a spambot?
*
* - Required fields
Top