Selamat Datang di Dunia, Baby Jerapah!
By editor
IND  |  Fri - February 8, 2019 9:25 am  |  Article Hits:9982  |  A+ | a-
Awal Januari 2019 juga menjadi bulan yang membahagiakan bagi Taman Safari Prigen. Pasalnya, hadir satu anggota baru di Safari Park terbesar dan terluas di Asia ini.

Yup, satwa yang dimaksud adalah jerapah (giraffa camelopardalis). Bayi jerapah lucu ini lahir dari indukan Khadafi dan Azhari pada 6 Januari 2019 lalu. Ia lahir dalam kondisi sangat baik dan sehat. Sekarang, bayi jerapah yang belum resmi memiliki nama ini masih berada di dalam paddock (tempat khusus untuk anak satwa).

Ia masih dalam proses penyesuaian dengan kondisi exhibit jerapah di Zona Adventure. Jika sudah siap, pasti bayi jerapah ini sudah bisa dilihat pengunjung. Selama sebulan belakangan, proses tumbuh kembang si bayi jerapah selalu dalam pengawasan keeper dan dokter hewan. Supaya, kesehatannya tetap terjaga.

Kelahiran bayi jerapah berjenis kelamin betina ini menjadi pertanda keberhasilan Taman Safari Prigen dalam program breeding atau pengembangbiakan. Apalagi untuk satwa jerapah yang sudah termasuk ke dalam zona merah, yang artinya terancam punah. Bahkan, secara global populasi jerapah mengalami penurunan secara signifikan.

Sebenarnya, banyak faktor yang menjadi penyebab berkurangnya populasi jerapah, seperti perburuan illegal, hilangnya habitat, dan konflik dengan manusia.

Melihat kondisi itu, Taman Safari Indonesia II Prigen sebagai lembaga konservasi ex-situ mencoba mengambil peran untuk melindungi dan mencegah kepunahan dari satwa-satwa yang terancam, termasuk jerapah. (fjr)      
Top