Selamat Datang di Dunia, Baby Red Panda!
By editor
IND  |  Fri - February 8, 2019 6:51 am  |  Article Hits:11182  |  A+ | a-
Awal tahun 2019, ada kabar bahagia dari Taman Safari Bogor. Tepat pada Kamis (17/1) pukul 06.30 WIB, seekor bayi red panda atau panda merah lahir ke dunia.

Bayi panda merah ini merupakan hasil perkawinan antara induk bernama Xing Xing (8 tahun) dan Bapak bernama Bai Bai (9). Kelahiran tersebut tentunya sangat membahagiakan. Sebab, Xing Xing dan Bai Bai terhitung baru setahun tinggal di Taman Safari Bogor.

Keduanya datang dari Guangzhou, Tiongkok, pada 13 Oktober 2017 lalu. Sejak itu, pihak Taman Safari Bogor giat melakukan upaya pengembangbiakan panda merah (ailurus fulgens), mulai dari perjodohan, pengamatan perilaku perkawinan, hingga pemantauan status reproduksi induk melalui pemeriksaan ultrasonografi.

Menurut Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang, bayi panda merah ini dalam kondisi yang sangat baik dan sehat. Ia menyusu ke induknya, dan induknya pun nampak sangat sayang. Induk dan bayinya berada dalam pengawasan keeper dan dokter hewan.

Kelahiran bayi panda merah ini menjadi bukti keberhasilan Taman Safari Indonesia dalam menjalankan perannya sebagai lembaga konservasi. “Keberhasilan pengembangbiakan ini besar artinya bagi konservasi panda merah, karena satwa ini termasuk satwa yang dilindungi. Selain itu, masuk daftar endangered menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature) Red List,” jelas Jansen Manansang.

Perlu diketahui, populasi panda merah dari waktu ke waktu makin menurun. Kondisi ini disebabkan maraknya perburuan liar, intervensi manusia di hutan, dan berkurangnya habitat panda merah.

Meski induk dan bapaknya berasal dari Tiongkok, bayi panda merah ini akan tetap menjadi penghuni Taman Safari Indonesia, sekaligus prestasi membanggakan Taman Safari Indonesia dalam menjalankan konservasi satwa langka. (fjr)  
Top